6 Obat Jamur Kulit Alami, Bisa untuk Kurap

ADVERTISEMENT

6 Obat Jamur Kulit Alami, Bisa untuk Kurap

Tasya Kania Azzahra Choerunisa - detikHealth
Senin, 13 Jun 2022 06:00 WIB
gatal
Obat jamur kulit alami (Foto: shutterstock)
Jakarta -

Infeksi jamur bisa menyebabkan rasa gatal yang mengganggu aktivitas. Biasanya untuk mengatasi infeksi jamur yang disertai gatal bisa dengan menggunakan obat jamur kulit alami.

Obat jamur kulit alami juga bisa dengan menggunakan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan di rumah.

Dikutip dari Medical News Today, ada banyak pilihan obat jamur kulit alami untuk mengatasi jamur kulit.

Obat Jamur Kulit Alami

Beberapa obat jamur kulit alami adalah sebagai berikut:

1. Cuka Apel

Cuka apel bisa menjadi obat jamur kulit terutama kurap. Cara menggunakan cuka apel sebagai obat kulit jamur adalah dengan merendam kapas di dalam cuka apel dan usapkan ke kulit yang terinfeksi jamur. Ulangi hingga 3 kali sehari.

2. Lidah buaya

Lidah buaya mengandung antiseptik, antibakteri, dan juga antivirus. Sehingga ampuh untuk digunakan sebagai obat infeksi jamur. Oleskan gel tanaman lidah buaya ke kulit yang terinfeksi jamur sebanyak tiga sampai empat kali sehari. Selain itu, gel lidah buaya juga memiliki sifat yang dapat meredakan kulit yang iritasi, bengkak, dan gatal.

3. Minyak kelapa

Asam lemak yang terdapat di dalam minyak kelapa bisa membunuh jamur yang menyebabkan infeksi jamur kulit. Minyak kelapa bisa dipilih secara efektif untuk sebagai obat jamur kulit untuk infeksi jamur yang ringan dan sedang. Untuk mengobati kurap bisa dengan mengoleskan minyak kelapa ke kulit tiga kali sehari.

Minyak kelapa juga bisa digunakan sebagai lotion pelembab untuk mencegah infeksi jamur.

4. Ekstrak Grapefruit

Ekstrak biji grapefruit bisa digunakan sebagai obat infeksi jamur. Untuk mengatasi infeksi jamur, campurkan satu tetes ekstrak biji grapefruit dengan satu sendok makan air dan dioleskan ke kulit dua kali sehari.

5. Kunyit

Kunyit adalah jenis rempah-rempah yang populer sebagai obat jamur kulit. Untuk mengobati infeksi jamur, campurkan kunyit dengan sedikit air atau juga minyak kelapa sampai berbentuk pasta dan oleskan pada kulit, kemudian biarkan hingga kering.

6. Tea Tree oil

Penduduk asli Australia sering menggunakan minyak tea tree sebagai obat jamur kulit. Saat ini tea tree juga efektif dalam mengobati kurap. Campurkan 2 persen minyak tea tree dengan 1 ons minyak kelapa, obat jamur kulit ini dioleskan ke kulit sebanyak tiga kali sehari.



Simak Video "Hailey Bieber Ungkap Idap Kista Ovarium Sebesar Buah Apel"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT