ADVERTISEMENT

Senin, 13 Jun 2022 08:24 WIB

CDC Ungkap Gejala Cacar Monyet Mirip Penyakit Menular Seksual

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Male doctor holding monkeypox vaccine. Cacar monyet. (Foto: Getty Images/iStockphoto/kemalbas)
Jakarta -

Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (CDC) mengatakan beberapa pasien cacar monyet juga mengidap infeksi menular seksual (IMS). CDC juga mengingatkan para dokter untuk mewaspadai cacar monyet jika ada pasien yang datang dengan keluhan IMS.

"Penting untuk diketahui bahwa kasus cacar monyet mungkin mirip dengan beberapa infeksi menular seksual dan dapat disalahartikan sebagai diagnosis lain," beber Direktur CDC Rochelle Walensky dikutip dari CNBC.

Walensky mengamati beberapa pasien cacar monyet juga mengidap sifilis, herpes, gonore, sampai klamidia. Karenanya, ia menyarankan kepada para dokter untuk memeriksa kedua kemungkinan kondisi tersebut, baik cacar monyet maupun IMS.

Cacar monyet biasanya dimulai dengan gejala yang mirip dengan flu, termasuk demam, sakit kepala, nyeri otot, kedinginan, kelelahan, dan pembengkakan kelenjar getah bening. Penyakit ini kemudian berkembang menjadi ruam yang menyakitkan yang dapat menyebar ke seluruh tubuh.

Beberapa pasien juga dilaporkan mengalami ruam pada alat kelamin dan anus mereka sebelum mengalami gejala flu.

"Orang yang didiagnosis menderita cacar monyet selama wabah saat ini telah melaporkan kontak fisik yang dekat dengan orang lain yang terinfeksi virus," beber Walensky.



Simak Video "Gejala Cacar Monyet Dilaporkan Mirip Infeksi Menular Seksual"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT