ADVERTISEMENT

Senin, 13 Jun 2022 11:08 WIB

Dokter Sebut Justin Bieber Tunjukkan Tanda Pemulihan dari Sindrom Ramsay Hunt

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
justin bieber Justin Bieber. (Foto: dok ist)
Jakarta -

Penyanyi Justin Bieber disebut menunjukkan tanda-tanda awal pemulihan setelah ia didiagnosis dengan sindrom langka yang menyebabkan separuh wajahnya lumpuh.

Hal tersebut diungkap oleh spesialis kelumpuhan wajah asal Inggris Charles Nduka setelah memperhatikan video yang diunggah Justin Bieber di akun Instagramnya.

"Saat mengalami kelumpuhan wajah, salah satu hal yang paling jelas adalah pasien tidak dapat menutup mata sepenuhnya untuk berkedip dan tidak dapat tersenyum," beber Nduka dikutip dari Reuters, Senin (13/6/2022)

Dalam sebuah video yang diunggah di Instagram, Bieber mengatakan dia mengidap sindrom Ramsay Hunt, yang mempengaruhi saraf di telinga dan wajahnya. Dia mencatat bahwa mata kanannya tidak berkedip.

Nduka menjelaskan, sebelum senyum pulih, hal pertama yang akan terlihat adalah wajah semakin simetris. Jadi, pangkal hidung akan terangkat dan mulut menjadi lebih rata.

"Jika mendapatkan penanganan dini, pasien berpeluang sembuh sekitar 75 persen," bebernya.

Seseorang yang mengalami kondisi seperti Bieber akan mengalami gejala mulai dari ruam dan lesi di mulut, telinga, sampai kulit kepala. Pasien juga akan mengalami kehilangan rasa pada sisi lidah yang terkena dan ketulian pada telinga yang terkena.



Simak Video "Pakar IDI Bicara Kaitan Ramsay Hunt Syndrome dengan Vaksin Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT