ADVERTISEMENT

Senin, 13 Jun 2022 14:35 WIB

Viral Wanita Bagi-bagi Pengalaman FWB, Kenali Dampak Psikisnya

Vidya Pinandhita - detikHealth
Business woman is depressed. She felt stressed and alone in the house. Ilustrasu dampak menjalin Friends with Benefits (FWB) kepada kondisi psikis. Foto: Getty Images/iStockphoto/torwai
Jakarta -

Media sosial kini dihebohkan oleh sekelompok wanita yang secara gamblang mengisahkan pengalaman mereka menjalani 'Friends with Benefits' (FWB). Namun alih-alih dinilai sebagai edukasi seks sebagaimana diklaim oleh wanita-wanita tersebut, video tersebut justru dikritik banyak warganet lantaran terlalu membenarkan konsep FWB.

Dalam program e-Life di detikcom, Janofah Chiny, seorang Sex and Reproductive Health Content Creator, pernah menjelaskan efek Friends with Benefits pada kondisi psikis. Menurutnya, baik perempuan dan laki-laki bisa terimbas secara mental oleh berlangsungnya FWB. Namun pada sisi perempuan, FWB bisa menyebabkan trauma dan minim rasa percaya pada pasangan (trust issue).

Jika berkepanjangan, trust issue bisa mempengaruhi hubungan dengan suami kelak sudah menjalani hubungan yang serius atau pernikahan.

"Kalau dari segi perempuan, menurut aku kedepannya akan jadi trust issue seperti misalnya dia menikah atau punya pasangan yang serius itu bisa punya perasaan dari alam bawah sadarnya seperti 'oh aku pernah melewati hal-hal seperti ini dengan FWB aku yang akhirnya punya trauma'," terang Janofah pada detikcom dalam program e-Life bertajuk 'Friends with Benefits, Teman tapi Mesra Versi Upgrade', Jumat (6/8/2021).

"Bisa saja saat dia sudah status istri orang, pas mau melakukan hubungan seks dia terpikir lagi (bahwa) dulu sama FWB aku begini. Ini berarti suami aku nggak serius ya sama aku, suami aku nggak cinta ya sama aku, atau jangan-jangan suami aku punya cewek lain di luar sana," sambungnya.

Janofah menambahkan, setiap orang memiliki kondisi psikis yang berbeda sehingga efek melakukan Friends with Benefits mungkin berbeda pada setiap orang. Walhasil, penting untuk memperhatikan dan memahami kondisi diri lebih dulu sebelum memutuskan menjalani hubungan serupa.

"Hal-hal seperti itu bisa saja timbul karena kembali lagi, psikis setiap orang kan beda-beda. Ada yang secara psikis bisa dibilang rapuh, itu akhirnya punya luka yang secara nggak sadar ada luka di dalam dirinya yang belum pulih gara-gara FWB tadi," pungkasnya.



Simak Video "Risiko dari Seks Bebas atau FWB: Kencing Nanah Hingga Mandul"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT