Hari Donor Darah Sedunia 2022: Sejarah, Tema, Kegiatan, dan Twibbon

ADVERTISEMENT

Hari Donor Darah Sedunia 2022: Sejarah, Tema, Kegiatan, dan Twibbon

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Selasa, 14 Jun 2022 09:15 WIB
World Blood Donor Day. Concept of give blood donation, blood transfusion. Hands woman hold drop of blood on black background. World Hemophilia day. top view banner
Hari Donor Darah Sedunia 2022, Hari Donor Darah Sedunia. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Ekaterina Dorozhkina)
Jakarta -

Hari Donor Darah Sedunia 2022 diperingati pada tanggal 14 Juni setiap tahunnya. Momentum ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran terkait pentingnya donor darah dan produk darah yang aman untuk transfusi.

Hari Donor Darah Sedunia juga menyoroti kontribusi pentingnya donor darah sukarela yang tidak dibayar untuk sistem kesehatan nasional. Berikut seluk-beluk Hari Donor Darah Sedunia 2022.

Sejarah Hari Donor Darah Sedunia

Dikutip dari laman resmi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Selasa (14/6/2022), Hari Donor Darah Sedunia pertama kali diperingati pada tahun 2004. Hari tersebut juga ditetapkan sebagai acara global tahunan oleh WHO ke-58 pada tahun 2005.

Selain itu, Hari Donor Darah Sedunia pada tanggal 14 juga dirayakan untuk memperingati ulang tahun Karl Landsteiner. Ia adalah sosok ahli biologi dan dokter Austria yang dianggap sebagai "pendiri" transfusisi darah modern.

Pada tahun 1901, Karl Landsteiner berhasil menemukan golongan darah ABO dan mengembangkan sistem klasifikasi golongan darah modern. Hingga pada tahun 1930, ia dianugerahi Hadiah Nobel dalam Fisiologi atau Kedokteran.

Adapun penetapan Hari Donor Darah Sedunia juga didasarkan atas kesepakatan bersama oleh sejumlah organisasi, seperti WHO, Federasi Internasional Organisasi Donor Darah, Federasi Internasional Palang Merah dan Bulan Sabit Merah, dan Perhimpunan Internasional Transfusi Darah.

Tema Hari Donor Darah Sedunia 2022

Peringatan Hari Donor Darah Sedunia 2022 membawa tema "Donating blood is an act of solidarity. Join the effort and save lives", artinya "Mendonorkan darah adalah suatu tindak solidaritas. Bergabunglah dengan upaya dan selamatkan nyawa". Penyelenggaraan Hari Donor Darah Sedunia ini nantinya akan dilaksanakan di Meksiko.

Kampanye Hari Donor Darah 2022 memiliki beberapa tujuan khusus sebagai berikut:

  • Berterima kasih kepada para donor darah di dunia dan menciptakan kesadaran masyarakat yang lebih luas akan perlunya donor darah yang teratur dan tidak dibayar.
  • Menyoroti kebutuhan akan donor darah sepanjang tahun yang berkomitmen, untuk mempertahankan persediaan yang memadai dan mencapai akses universal dan tepat waktu ke transfusi darah yang aman.
  • Mengakui dan mempromosikan nilai-nilai donor darah sukarela yang tidak dibayar dalam meningkatkan solidaritas masyarakat dan kohesi sosial.
  • Meningkatkan kesadaran akan perlunya peningkatan investasi dari pemerintah untuk membangun sistem darah nasional yang berkelanjutan dan tangguh dan meningkatkan pengumpulan dari donor darah sukarela yang tidak dibayar.

Kegiatan Hari Donor Darah Sedunia 2022

Adapun beberapa kegiatan khusus pada Hari Donor Darah Sedunia 2022, yaitu:

  • Melakukan kampanye dengan menyebarluaskan melalui media sosial mengenai pentingnya donor darah
  • Mempromosikan slogan Hari Donor Darah Sedunia 2022
  • Upacara penghargaan donor
  • Kampanye jejaring sosial
  • Siaran media khusus
  • Posting media sosial yang menampilkan donor darah individu dengan slogan
  • Pertemuan dan lokakarya
  • Acara musik dan seni untuk berterima kasih kepada pendonor darah
  • Merayakan solidaritas dan mewarnai monumen ikonik merah

Twibbon Hari Donor Darah Sedunia 2022

Agar lebih seru dalam merayakan Hari Donor Darah Sedunia 2022, Yuk! Pasang aneka twibbon lucu yang sudah detikcom kumpulkan dari berbagai sumber.

  1. Hari Donor Darah Sedunia 2022
  2. Hari Donor Darah Sedunia 2022
  3. Hari Donor Darah Sedunia 2022
  4. Hari Donor Darah Sedunia 2022
  5. Hari Donor Darah Sedunia 2022
  6. Hari Donor Darah Sedunia 2022
  7. Hari Donor Darah Sedunia 2022
  8. Hari Donor Darah Sedunia 2022
  9. Hari Donor Darah Sedunia 2022
  10. Hari Donor Darah Sedunia 2022


Simak Video "Enam Anak di Inggris Meninggal Dunia Akibat Infeksi Bakteri Strep A"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT