ADVERTISEMENT

Selasa, 14 Jun 2022 11:30 WIB

Apa Itu Bell's Palsy? Viral Bikin Wajah Wanita Tangsel Kaku Mirip Justin Bieber

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Bells palsy Viral Bell's Palsy bikin wajah wanita Tangsel kaku, mirip Justin Bieber. (Foto: Tangkapan layar TikTok @juliyuliaa)
Jakarta -

Wanita asal Tangerang Selatan mendadak viral usai mengunggah video cerita dirinya terkena Bell's Palsy. Kondisinya terlihat mirip dengan yang dialami Justin Bieber yakni Ramsay Hunt Syndrome lantaran sama-sama mengalami kelumpuhan di wajah.

Namun, wanita bernama Yulia Zahra mengeluhkan wajahnya terasa kaku akibat sulit menutup salah satu mata dan bibir sebelah kanan hampir tidak bisa digerakkan.

"Mata sebelah susah nutup, bibir kanan gabisa naik, senyum gabisa simetris," kata pemilik akun TikTok @juliyuliaa, yang belakangan videonya sudah ditonton jutaan orang, dikutip detikcom Selasa (14/6/2022).

"Pas ke dokter saraf, dibilang itu Bell's palsy dan cenderung banyak menjangkit ibu hamil karena aku lagi hamil juga," tambahnya.

Apa itu Bell's Palsy?

Dikutip dari Mayo Clinic, bell's palsy merupakan kondisi saat otot-otot di sebagian sisi wajah melemah. Pada kebanyakan kasus, kondisi ini berlangsung sementara dan bisa membaik signifikan selama beberapa minggu.

Bell's palsy membuat sebagian wajah seseorang tampak terkulai. Misalnya, jika tersenyum, hanya sebagian bibir di sisi kiri atau kanan yang bisa digerakkan. Begitu juga halnya dengan mata, salah satu mata bisa merasakan rasa sakit saat hendak mengedip.

Bell's palsy juga dikenal sebagai kelumpuhan wajah perifer akut yang penyebabnya tidak diketahui. Kondisi ini bisa menyerang usia berapapun. Penyebab pastinya tidak diketahui.

Para ahli menduga hal itu disebabkan oleh pembengkakan dan peradangan pada saraf yang mengontrol otot-otot di satu sisi wajah. Ini bisa disebabkan oleh reaksi yang terjadi setelah infeksi virus.

Pemulihan total Bell's palsy bisa memakan waktu sekitar enam bulan. Namun, ada sejumlah kecil pasien yang memiliki beberapa gejala Bell's palsy seumur hidup. Bell's palsy jarang dilaporkan menyerang seseorang dua kali.

@juliyuliaa

ada yg pernah ngalamin ga si 😭

♬ 갸루 짱 예쁘다 GAL Kor ver by 판시 - *⸜ PANXI ⸝*

Gejala Bell's Palsy

Tanda dan gejala Bell's palsy datang tiba-tiba, waspadai ciri-cirinya:

  • Kelemahan ringan hingga kelumpuhan total di satu sisi wajah, terjadi dalam beberapa jam hingga beberapa hari
  • Wajah terkulai dan kesulitan membuat ekspresi wajah, seperti menutup mata atau tersenyum
  • Nyeri di sekitar rahang atau di dalam atau di belakang telinga
  • Peningkatan kepekaan terhadap suara di sisi yang terkena Bells's palsy
  • Sakit kepala

Meski keluhan wanita Tangsel serupa dengan Justin Bieber, kedua penyakit ini rupanya berbeda. Dibandingkan dengan Bell's palsy (kelumpuhan wajah tanpa ruam), pasien dengan sindrom Ramsay Hunt sering kali mengalami kelumpuhan wajah lebih parah saat gejala terjadi dan kecil kemungkinannya untuk pulih sepenuhnya.



Simak Video "Menakuti Bocah Pakai Suara 'Cekikikan' Hantu Bisa Timbulkan Trauma"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT