ADVERTISEMENT

Selasa, 14 Jun 2022 14:20 WIB

Ternyata Ini Penyebab Kolesterol Naik, Jangan Disepelekan!

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Ilustrasi level kolesterol. Sederet hal yang menjadi penyebab kolesterol naik. (Foto ilustrasi: Thinkstock)
Jakarta -

Ada sejumlah penyebab kolesterol naik yang harus diwaspadai. Mengingat kondisi ini tak bisa disepelekan lantaran bisa memicu penyakit serius, seperti jantung hingga stroke.

Kolesterol sendiri merupakan zat yang berfungsi untuk membantu metabolisme tubuh. Terdapat dua jenis kolesterol di dalam tubuh, yaitu kolesterol baik atau high density lipoprotein (HDL) dan kolesterol jahat atau low density lipoprotein (LDL).

Fungsi dari kolesterol HDL adalah menjaga metabolisme tubuh, sedangkan kolesterol LDL atau jahat sangat berisiko memicu gangguan kesehatan.

American Heart Association merekomendasikan agar seseorang rutin memeriksa kadar kolesterol setiap 4-6 tahun sekali apabila sudah berusia di atas 20 tahun. Sebab, kadar kolesterol cenderung meningkat seiring bertambahnya usia. Selain usia, penyebab kadar kolesterol naik apa saja sih? Berikut informasinya.

Penyebab Kadar Kolesterol Naik

Dikutip dari Everyday Health, Selasa (14/6/2022), berikut penyebab kadar kolesterol naik yang perlu diwaspadai, jangan disepelekan guys!

1. Keturunan

Penyebab kolesterol naik yang pertama adalah keturunan. Jika seseorang memiliki riwayat keluarga dengan kolesterol tinggi atau penyakit jantung, kemungkinan risiko terkena kolesterol lebih tinggi.

Beberapa orang yang membawa kondisi genetik atau disebut hiperkolesterolemia familial, bisa menyebabkan kadar LDL sangat tinggi pada usia muda. Apabila tidak diobati, dapat menyebabkan penyakit arteri koroner dan serangan jantung dini. Meskipun demikian, penyebab yang satu ini terbilang jarang.

2. Usia

Adanya perubahan metabolisme yang terjadi akibat penambahan usia, baik pria maupun wanita bisa menyebabkan kolesterol LDL alias kolesterol jahat di dalam darah.

3. Gender

Pada pria, kadar kolesterol umumnya terus menerus meningkat setelah usia 50 tahun. Sedangkan kadar kolesterol pada wanita akan turun saat menopause.

4. Merokok

Merokok juga disebut sebagai salah satu penyebab kolesterol naik. Pasalnya, rokok dapat menurunkan kolesterol baik seseorang di dalam tubuh, sehingga yang tersisa hanya kolesterol jahat di dalam tubuh.

5. Berat badan

Penyebab berikutnya adalah berat badan yang berlebih atau obesitas. Menurut Centers for Disease Control and Prevention, obesitas didefinisikan sebagai indeks massa tubuh (BMI) lebih dari 30. Hal ini bisa meningkatkan trigliserida, kolesterol HDL, hingga kolesterol LDL. Meskipun demikian, orang dengan BMI rendah juga dapat terkena kolesterol tinggi.

6. Makanan sehari-hari

Kolesterol umumnya berasal dari lemak hewani seperti daging kambing, meski tidak sedikit yang berasal dari lemak nabati seperti santan dan minyak kelapa. Beberapa makanan yang selama ini diyakini sehat seperti telur, juga banyak mengandung kolesterol.

Makanan yang terlalu banyak lemak jenuh bisa menyebabkan kolesterol tinggi, sehingga perlu untuk bijak dalam mengkonsumsi makanan sehari-hari agar tidak berlebih.

7. Stres

Selain makanan, penyebab kolesterol tinggi juga bisa dari stres. Pasalnya, stres kronis dapat meningkatkan kadar kortisol dalam tubuh yang memicu produksi kolesterol.

Penyebab kolesterol naik umumnya penting diperhatikan untuk menghindari masalah kesehatan yang serius. Apabila kadar kolesterol sudah terlalu tinggi di dalam tubuh, disarankan segera pergi ke dokter untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.



Simak Video "Ini Cara Sehat Olah Daging Kambing "
[Gambas:Video 20detik]
(suc/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT