ADVERTISEMENT

Selasa, 14 Jun 2022 16:05 WIB

Bagaimana Rasanya Idap Sindrom Ramsay Hunt? Wanita Ini Ceritakan Pengalamannya

Razdkanya Ramadhanty - detikHealth
Ilustrasi seorang wanita sedang membersihkan wajah Ilustrasi wajah (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Penyanyi asal Kanada, Justin Bieber belakangan mengungkapkan kondisi kesehatannya. Ia diketahui mengidap sindrom Ramsay Hunt yang mengakibatkan kelumpuhan di sebagian wajahnya.

Kondisi serupa juga dialami seorang wanita asal Marazion, Cornwall, Inggris, bernama Nicoya Rescorla (28). Diketahui dirinya juga mengidap sindrom Ramsay Hunt dan penyakit ini disebut sangat berpengaruh pada kondisi mental serta fisiknya.

"Rasanya sakit luar biasa, saya merasa sangat lemah," kata Nicoya kepada Radio 1 Newsbeat, dikutip dari BBC, Selasa (14/6/2022).

Dalam kisahnya, Nicoya pertama kali merasakan gejala sakit dibagian leher dan vertigo pada Oktober 2020 lalu. Setelah merasakan dua gejala itu, kelumpuhan pada bagian wajahnya mulai muncul.

"Saya merasa vertigo dan keseimbangan saya menjadi sangat buruk," ujarnya.

Tak hanya berdampak pada kondisi fisik, ternyata sindrom Ramsay Hunt juga berpengaruh pada kesehatan mentalnya. Ia merasa sangat terisolasi.

"Kondisi ini benar-benar mengisolasi saya secara fisik dan mental karena saya tidak bisa keluar rumah semau saya lagi - saya bergantung sekali pada suami dan suami saya," tambahnya.

Meski sudah hampir dua tahun sejak dirinya mengidap Ramsay Hunt, Nicoya masih merasa kesakitan dan wajahnya belum sepenuhnya pulih meski dirinya sudah mengonsumsi obat.

"Wajah saya belum dan mungkin tidak akan bisa pulih sepenuhnya," ungkapnya.

Sedikit informasi, Ramsay Hunt Syndrome biasanya dipicu oleh herpes zoster, virus penyebab cacar air. Penyakit ini bisa dialami siapa saja tanpa batasan usia.

Menurut spesialis saraf dari RS Pondok Indah, dr Rubiana Nurhayati, SpS, penyakit ini dipengaruhi kondisi imunitas.

"Ya (Ramsay Hunt Syndrome dipengaruhi oleh imunitas) karena herpes zoster virusnya cacar air. Imunitas mempengaruhi," terang dr Rubiana pada detikcom, Senin (13/6).



Simak Video "Pakar IDI Bicara Kaitan Ramsay Hunt Syndrome dengan Vaksin Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(any/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT