ADVERTISEMENT

Rabu, 15 Jun 2022 06:30 WIB

Gejala Serangan Jantung Tak Cuma Nyeri Dada, Waspadai Juga Keluhan Ini

Afif Ahmad Rifai - detikHealth
Sakit jantung Ilustrasi nyeri dada gejala serangan jantung (Foto: Shutterstock)
Jakarta -

Serangan jantung merupakan suatu kondisi ketika terdapat masalah pada pembuluh darah berupa penyempitan yang mengakibatkan aliran darah menjadi terhenti total atau sebagian.

Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar Indonesia (Riskesdas) 2018, jumlah orang yang terkena penyakit jantung dan pembuluh darah terus mengalami peningkatan. Jika dihitung, setidaknya terdapat 15 dari 1.000 orang atau lebih dari 2,7 juta orang Indonesia mengalami penyakit jantung.

Oleh karenanya, penyakit jantung koroner menjadi penyakit yang menyebabkan kematian tertinggi di Indonesia yang menyerang rata-rata orang dengan rentang usia 30-50 tahun.

Lantas, apa gejala dari serangan jantung?

Menurut Dr med dr Denio A Ridjab, SpJP(K) seorang dokter spesialis penyakit jantung dan pembuluh darah, gejala akibat dari serangan jantung tidak hanya nyeri pada dada.

"Umumnya orang yang mengalami serangan jantung akan merasakan nyeri pada dada mereka yang menjalar dari tengah ke bagian kiri atau keduanya, tapi ada juga yang sakitnya itu di bagian punggung atau perut bagian atas," tutur Denio saat diskusi kesehatan yang diselenggarakan oleh Heartology Cardiovascular Center.

"Namun, terdapat juga beberapa gejala lain akibat dari serangan jantung, seperti sesak nafas, muncul keringat dingin, mual, muntah, atau pusing," sambungnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Jangan Takut Cek Jantung di Rumah Sakit"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT