ADVERTISEMENT

Rabu, 15 Jun 2022 07:30 WIB

Pakar Ungkap Gejala BA.4 dan BA.5 pada Orang yang Belum Pernah Kena COVID

Vidya Pinandhita - detikHealth
Virus In Red Background - Microbiology And Virology Concept Gejala suvarian Omicron BA.4 dan BA.5 pada orang yang belum pernah terinfeksi COVID-19 atau belum divaksinasi COVID-19 dosis lengkap. Foto: Getty Images/iStockphoto/loops7
Jakarta -

Epidemiolog menjelaskan subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 mengadopsi karakteristik varian Omicron awal dan Delta. Walhasil pada orang yang belum pernah terkena COVID-19 atau belum divaksinasi COVID-19, gejala yang muncul dari infeksi BA.4 dan BA.5 mungkin akan serupa dengan gejala varian Delta. Apa saja gejalanya?

Menurut epidemiolog dari Universitas Griffith Australia, Dicky Budiman, mengacu pada data di negara lain seperti Portugal, pasien COVID-19 dengan infeksi subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 yang belum divaksinasi COVID-19 dosis lengkap mengalami gejala yang hampir mirip dengan varian Delta. Salah satunya, kehilangan kemampuan mencium bau atau anosmia.

"Ini yang membuat sebagian dari gejala orang yang terinfeksi BA.4 dan AB.5, khususnya yang belum divaksinasi lengkap atau belum terinfeksi dan belum divaksin lengkap ini hampir mirip dengan gejala Delta," jelasnya pada detikcom, Selasa (14/6/2022).

"Ada kehilangan penciuman, rasa lelah. Pada kasus yang berat bisa seperti Delta mengalami harus ke rumah sakit," ujar Dicky lebih lanjut.

Menurut Dicky, kemiripan gejala tersebut disebabkan subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 mengadopsi kombinasi gejala varian Delta dan varian Omicron. Di samping itu, BA.4 dan BA.5 juga diyakini bisa mereinfeksi orang-orang yang sebelumnya sudah pernah terpapar Omicron subvarian lainnya yakni BA.1, BA.2, dan BA.3.

"BA.4 dan BA.5 ini dia memiliki karakter yang kombinasi antara kecepatan menginfeksi yang diwarisi dari Omicron, cepat mudah menginfeksi baik yang belum atau sudah divaksinasi, bahkan jauh lebih efektif sekarang," terang ,

"Dia mengadopsi juga mutasi dari Delta L452 yang membuat dia mudah terikat di reseptor ACE 2 dan mudah masuk sel tubuh manusia untuk menginfeksi dan mudah bereplikasi di paru," sambungnya.

Simak Video 'Karakteristik Subvarian BA.4 dan BA.5 yang Perlu Diperhatikan':

[Gambas:Video 20detik]



(vyp/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT