ADVERTISEMENT

Sabtu, 18 Jun 2022 06:00 WIB

Fakta-fakta BAB di Pagi Hari, Waspada Jika Feses Seperti Ini

Afif Ahmad Rifai - detikHealth
Man suffers from diarrhea is sitting on toilet bowl and toilet paper roll near his legs - diarrhea concept Buang air besar pagi hari (Foto: Getty Images/iStockphoto/andriano_cz)
Jakarta -

Sebagian orang mungkin merasa ingin buang air besar ketika bangun pagi, bahkan mungkin beberapa di antaranya terasa seperti rutinitas.

Dikutip dari Fatherly, menurut para ahli pola buang air besar yang ideal adalah sekali sehari dan itu terjadi di pagi hari. Banyak orang buang air besar di pagi hari adalah hal yang normal, dan menurut medis tubuh manusia pada pagi hari memang waktu yang paling siap untuk buang air besar.

Mengapa Hal Itu Bisa Terjadi?

Apa yang terjadi di malam hari berpengaruh dengan hal itu bisa terjadi. Ketika tertidur, usus kecil dan usus besar bekerja untuk memproses semua makanan sisa pada hari itu.

Setelah bangun tidur, biasanya dibutuhkan waktu kurang lebih 30 menit agar dorongan untuk buang air besar muncul. Rutinitas pada pagi hari, seperti peregangan, minum air putih, dan kopi dapat memperlancar dorongan itu muncul.

Sekitar 30 persen orang mengatakan merasa ingin buang air besar setelah mengonsumsi kopi panas di pagi hari.

Seberapa Sering Harus Buang Air Besar?

Buang air besar di pagi hari memang bukan sebuah keharusan. Tidak ada keharusan setiap orang harus buang air besar di pagi hari, dan tidak ada batasan harus seberapa sering orang tersebut harus buang air besar dalam sehari.

Buang air besar dengan frekuensi dimulai dari tiga kali seminggu hingga tiga kali sehari adalah hal yang normal. Hal yang perlu diwaspadai adalah perubahan frekuensi buang air besar secara mendadak, karena bisa jadi itu gejala dari diare.

Diare sesekali di pagi hari adalah hal yang normal, namun jika berlangsung setiap hari lebih baik periksakan ke dokter untuk memeriksa kondisi organ pencernaan anda.

Bagaimana Cara Buang Air Besar yang Rutin dan Sehat?

Diet dan olahraga rutin dapat memperlancar organ pencernaan, sehingga buang air besar menjadi rutin. Tidur teratur juga memiliki peran dalam seberapa sering seseorang buang air besar.

"Gangguan tidur dapat mengubah peristaltik alami usus besar, sehingga seseorang dapat mengalami gangguan buang air besar yang tidak teratur," ujar Sarina Parischa, MD, seorang ahli gastroenterologi.

"Tidur yang nyenyak tanpa gangguan penting dalam menjaga perilaku buang air besar yang sehat," sambungnya.

Seberapa Sering Buang Air Besar Dalam Sehari yang Normal?

Frekuensi dalam buang air besar dalam sehari bisa menjadi tanda kesehatan yang penting. Rutinitas yang dikatakan sehat apabila meliputi:

  • Setidaknya buang air besar sehari sekali
  • Jika buang air besar terlalu sering, segera periksakan ke dokter (tiga kali seminggu hingga tiga kali sehari adalah hal yang normal).
  • Buang air besar sekitar 30 menit setelah bangun tidur adalah hal yang normal
  • Sesekali diare di pagi hari adalah hal yang normal, jika terlalu sering segera periksakan ke dokter.

NEXT: Kondisi Tubuh Dilihat dari Bentuk dan Konsistensi Feses

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Ngeden Berlebihan, Bikin Stroke?"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT