Mata Katarak, Adakah Cara untuk Mengobatinya Selain Operasi Dok?

ADVERTISEMENT

Konsultasi Kesehatan

Mata Katarak, Adakah Cara untuk Mengobatinya Selain Operasi Dok?

Firdaus Anwar - detikHealth
Sabtu, 18 Jun 2022 09:07 WIB
ilustrasi mata
Foto ilustrasi: Thinkstock
Jakarta -

Pertanyaan:

Salam kenal Dok. Nama saya Leo.

Dok baru kemarin mama saya rontgen ke klinik mata dan disarankan untuk operasi katarak. Karena usia mama sudah sangat tua, 78 tahun, kami ragu untuk melakukan operasi.

Untuk Itu saya ada pertanyaan Dok, apakah ada obat tetes mata yang dapat menyembuhkan penyakit mata katarak ringan, seperti N-acetylcarnosine (NAC), lanosterol, atau ada obat lain yang dokter rekomendasikan?

Leo AS (Pria, 52 Tahun)

Jawaban:

NAC itu obat antioksidan, sementara lanosterol itu untuk mencegah kekeruhan pada lensa mata. Jika sudah muncul katarak hanya bisa diperlambat dengan tetes mata di atas tapi tidak menghilangkan kataraknya.

dr Susan Sri Anggraini Purwohusodo, SpM
Spesialis Mata RS Primaya Bekasi Barat

Tentang Konsultasi Kesehatan

Pembaca detikcom yang memiliki pertanyaan terkait berbagai masalah kesehatan dapat mengirimkan pertanyaan ke email redaksi@detikhealth.com dan akan dijawab oleh pakar yang kompeten. Kirimkan pertanyaan dengan subjek email "konsultasi pembaca" disertai keterangan nama, usia, dan jenis kelamin.

Identitas penanya bisa ditulis terang atau disamarkan, disesuaikan dengan keinginan pembaca. Seluruh identitas penanya kami jamin akan dirahasiakan.



Simak Video "Tips Menjaga Kesehatan Mata Agar Tak Cepat Lelah"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT