ADVERTISEMENT

Selasa, 07 Jun 2022 09:03 WIB

Konsultasi Kesehatan

Usia Pasutri Sudah 40 Tahun ke Atas, Masih Bisa Hamil Nggak Dok?

Firdaus Anwar - detikHealth
Ibu Hamil Foto: Shutterstock
Jakarta -

Pertanyaan:

Saya JS usia 54 tahun belum punya momongan, istri usia 42 tahun. Kira-kira apakah kami masih bisa punya momongan?

Pernah periksa sperma katanya kurang banyak, kemudian dokter kasih vitamin E, tapi tidak membuahkan hasil. Akhirnya frustasi dan nggak berobat lagi.

JS (Pria, 54 tahun)

Jawaban:

Peluang kehamilan bagi wanita di atas usia 40 tahun masih ada, selama masih ada sel telur yang tersisa. Evaluasi jumlah sel telur dapat dilakukan dengan pemeriksaan USG transvaginal di hari ke 2 atau 3 haid serta dengan pemeriksaan Anti Mullerian Hormone (AMH) yang sampelnya akan diambil dari darah.

Bagi wanita dengan usia di atas 40 tahun, atau yang memiliki cadangan sel telur sedikit, peluang terbesar untuk mendapatkan kehamilan adalah dengan menjalani program bayi tabung (IVF).

dr Huthia Andriyana, SpOG
Spesialis Obstetri dan Ginekologi Morula IVF Margonda

Tentang Konsultasi Kesehatan

Pembaca detikcom yang memiliki pertanyaan terkait berbagai masalah kesehatan dapat mengirimkan pertanyaan ke email redaksi@detikhealth.com dan akan dijawab oleh pakar yang kompeten. Kirimkan pertanyaan dengan subjek email "konsultasi pembaca" disertai keterangan nama, usia, dan jenis kelamin.

Identitas penanya bisa ditulis terang atau disamarkan, disesuaikan dengan keinginan pembaca. Seluruh identitas penanya kami jamin akan dirahasiakan.



Simak Video "Lewat Bayi Tabung, Pasutri Bisa Pilih Jenis Kelamin Calon Bayi"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT