ADVERTISEMENT

Selasa, 31 Mei 2022 09:35 WIB

Istri Menolak Ajakan Bercinta, Apakah Menopause Hilangkan Gairah Dok?

Firdaus Anwar - detikHealth
Young female holding hands sensually on red silk bed. Ilustrasi berhubungan seksual. (Foto: iStock)
Jakarta -

Pertanyaan:

Status saya sebagai pasangan suami istri, dan umur istri saya 55 tahun. Sudah sejak lama istri saya tidak mau melayani saya dalam berhubungan intim layaknya suami istri.

Status istri saat umur 50 tahun mulai tidak pernah menstruasi. Apakah wanita yang tidak menstruasi atau sudah menopause benar-benar tidak ada hasrat berhubungan intim? Demikian dan terima kasih.

KS (Pria, 49 tahun)

Jawaban:

Rata-rata usia menopause wanita Indonesia antara 50-51 tahun. Menopause artinya apabila selama 12 bulan berturut-turut sudah tidak haid lagi.

Ada periode sebelum menopause namanya periode perimenopause, ini terjadi pada usia rata-rata 46-47 tahun. Pada kondisi ini haid sudah mulai berantakan (tidak teratur) atau kadang terlambat 2-3 bulan lalu kemudian haid lagi.

Masa-masa perimenopause dan menopause ditandai dengan adanya perubahan hormon. Hormon perempuan (estrogen) sudah tidak diproduksi lagi oleh ovarium/indung telur.

Kurang atau habisnya hormon estrogen ini yang menyebabkan terdapat keluhan-keluhan pada perempuan, seperti libido menurun, discharge/lendir vagina sedikit (bila berhubungan terasa nyeri), hot flushes, BAK sering, insomnia/sulit tidur, cemas, osteoporosis, dan masih ada lagi gejala yang lain.

dr Diah Sartika Sari, SpOG(K)-FER
Dokter Obstetri & Ginekologi Morula IVF Ciputat

Tentang Konsultasi Kesehatan

Pembaca detikcom yang memiliki pertanyaan terkait berbagai masalah kesehatan dapat mengirimkan pertanyaan ke email redaksi@detikhealth.com dan akan dijawab oleh pakar yang kompeten. Kirimkan pertanyaan dengan subjek email "konsultasi pembaca" disertai keterangan nama, usia, dan jenis kelamin.

Identitas penanya bisa ditulis terang atau disamarkan, disesuaikan dengan keinginan pembaca. Seluruh identitas penanya kami jamin akan dirahasiakan.



Simak Video "Dituding Persulit Izin Praktik Dokter Lulusan Luar Negeri, Apa Kata IDI?"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT