ADVERTISEMENT

Sabtu, 18 Jun 2022 18:35 WIB

Terpopuler Sepekan

Justin Bieber Idap Penyakit Ramsay Hunt Syndrome, Ini Penjelasannya

Christina Butarbutar - detikHealth
Justin Bieber Justin Bieber mengidap Ramsey Hunt Syndrome. (Foto: Foto: Diolah)
Jakarta -

Penyanyi Justin Biebier mengumumkan pembatalan konsernya karena mengalami komplikasi penyakit Ramsay Hunt Syndrome. Kondisi ini merupakan gangguan neurologis langka yang ditandai dengan kelumpuhan saraf wajah serta ruam yang terjadi pada area telinga atau mulut.

"Terjadi kelumpuhan total di sisi wajahku sebelah kiri. Jadi untuk kalian yang kecewa dengan penundaan konserku selanjutnya, aku secara fisik jelas tidak sanggup melanjutkan konser ini. Penyakit ini lumayan serius, seperti yang kalian lihat," ujar Justin dalam video Instagram pribadinya.

Kondisi Justin Biebier memunculkan banyak perbincangan di media sosial. Sebagian netizen misalnya mengaitkan Ramsay Hunt Syndrome dengan vaksin COVID-19.

Pakar epidemiologi, dr Katrine Wallace, dari University of Illinois menyebut bahwa tidak ada bukti kuat hubungan antara Sindrom Ramsay Hunt dengan efek samping vaksin COVID-19.

"Bukti saat ini tidak cukup untuk menghubungkan hubungan definitif antara herpes zoster dan vaksin COVID-19," ujar Wallace.

Faktanya Ramsay Hunt Syndrome biasa disebabkan infeksi virus Varicella-Zoster, virus yang sama penyebab cacar air dan herpes zoster. Dalam kasus Ramsay Hunt Syndrome, virus yang sebelumnya pernah menginfeksi tubuh dan tidak aktif menjadi aktif kembali secara tiba-tiba lalu menyebar mempengaruhi saraf wajah.

Dosen fakultas kedokteran Universitas Airlangga (Unair) dr Martha Kurnia Kusumawardani, SpKFR(K), menjelaskan pasien Ramsay Hunt Syndrome biasanya membutuhkan obat anti inflamasi dan vitamin. Selain itu, dianjurkan juga melakukan terapi modalitas dan latihan wajah oleh dokter rehabilitasi medik.

"Yang dimaksud pemberian modalitas adalah tindakan terapi fisik yang menggunakan alat-alat berupa electrical stimulation maupun deep heating. Tujuan pemberian alat-alat tersebut, selain untuk mengurangi nyeri dan inflamasi yang terjadi, juga membantu meningkatkan kekuatan otot wajah," tutup dr Martha.



Simak Video "Pakar IDI Bicara Kaitan Ramsay Hunt Syndrome dengan Vaksin Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT