ADVERTISEMENT

Sabtu, 18 Jun 2022 12:05 WIB

Terpopuler Sepekan

Viral Wajah Wanita Tangsel Kaku Dikira karena Kipas Angin, Ini Faktanya

Firdaus Anwar - detikHealth
Bells palsy Foto: Tangkapan layar TikTok @juliyuliaa
Jakarta -

Curhatan seorang netizen bernama Yulia Zahra asal Pamulang, Tangerang Selatan (Tangsel), viral di media sosial TikTok karena wajahnya kaku sebelah. Lewat video Yulia bercerita tidak bisa menutup salah satu matanya dan bibir sebelah kanannya sulit digerakkan.

Video Yulia di TikTok sudah ditonton jutaan orang dan menuai beragam respons. Beberapa di antaranya meyakini wanita ini terlalu sering terkena angin, tetapi ada juga yang menyebut penyebabnya adalah virus.

"Pas ke dokter saraf, dibilang itu bell's palsy dan cenderung banyak menjangkit ibu hamil karena aku lagi hamil juga," ujar Yulia saat dihubungi detikcom, Senin (13/6/2022).

"Kata dokter imun ibu hamil dibagi dua, buat baby dan buat ibunya. Mungkin karena imunku lagi kurang dan kena AC dan kipas, dibilang dokter kipasnya dikurangin. Posisi kipasku juga di sebelah kanan, nah kebetulan bagian wajah yang sakit sebelah kanan," lanjutnya.

Dikutip dari Mayo Clinic, bell's palsy merupakan kondisi saat otot-otot di sebagian sisi wajah melemah. Pada kebanyakan kasus, kondisi ini berlangsung sementara dan bisa membaik signifikan selama beberapa minggu.

Para ahli menduga hal itu disebabkan oleh pembengkakan dan peradangan pada saraf yang mengontrol otot-otot di satu sisi wajah. Ini bisa disebabkan oleh reaksi yang terjadi setelah infeksi virus.

Pada kasus Yulia, ia mengaku masih dalam fase penyembuhan dan melakukan terapi pengobatan akupuntur.

"Penyakitnya belum sembuh udah dua bulan. Aku udah enam kali fisioterapi dan itu emang proses penyembuhannya lama... Banyak yang nyaranin akupuntur, jadi aku sekarang akupuntur sih, udah tiga kali. Sudah lebih baik," jelas Yulia.



Simak Video "Menakuti Bocah Pakai Suara 'Cekikikan' Hantu Bisa Timbulkan Trauma"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT