ADVERTISEMENT

Minggu, 19 Jun 2022 06:30 WIB

Sex Education

Pesan dr Boyke Jika Telanjur FWB-an, Ikut Tren Esek-esek Tanpa Komitmen

Mochammad Fajar Nur - detikHealth
Ilustrasi friends with benefits (fwb) Friends with Benefits punya banyak risiko secara fisik maupun emosional (Foto: Getty Images/iStockphoto/Artem Peretiatko)
Topik Hangat Edukasi Seks A-Z
Jakarta -

Fenomena Friends with Benetifs (FWB) tengah jadi perbincangan hangat. Hubungan seks tanpa adanya komitmen diam-diam ngetren di kalangan kaum muda. Awas, pakar seks mengingatkan bahayanya.

Menurut dr Boyke Dian Nugraha, SpOG, konsep FWB bukan hanya merugikan secara fisik lewat berbagai risiko infeksi seksual, tetapi juga emosional. Ia berpendapat, tidak ada kepuasan fisik maupun batin yang bisa didapat dari hubungan semacam itu.

"Stop, rugi-rugiin diri kamu. Berapa banyak yang akhirnya terkena berbagai efek negatif, jadi stop sebelum terlambat terkena berbagai penyakit. FWB tidak akan memuaskan kamu secara fisik atau batin," tegas dr Boyke ditemui detikcom, Rabu (15/6/2022).

Bagi yang baru dengar atau mulai terpikir untuk melakukannya, dr Boyke dengan tegas menyarankan untuk berhenti memikirkannya. Demikian pula bagi yang telanjur, maka tidak cukup hanya setop tetapi juga mesti periksa untuk mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan terburuk.

"Pertama kali stop, kalau terlanjur cepat lakukan pemeriksaan penyakit kelamin. Banyak datang ke saya akhirnya banyak juga yang kaget hasilnya mereka ada gejala penyakit kelamin. Jadi tolong. saya ada datanya, lakukan pemeriksaan penyakit kelamin," sarannya.

Tidak adanya komitmen dalam FWB meningkatkan risiko gonta-ganti pasangan, yang otomatis bisa menularkan berbagai penyakit infeksi. Beberapa di antaranya termasuk herpes, klamidia, sifilis atau raja singa, serta gonorrhea atau kencing nanah.

Hubungan seks yang tidak aman juga dapat menularkan Human Papiloma Virus (HPV), virus pemicu kutil kelamin yang juga memicu kanker serviks. Jenis kanker tersebut merupakan salah satu pembunuh utama pada wanita.

"Walaupun belum ada gejala periksa semua, nanti bisa cegah ada vaksinasi juga. Dan sekarang kalaupun belum bisa berhenti FWB, pakai alat pengaman sebelum memutuskan berhubungan seks, ingat risikonya, tapi saya sarankan stop jangan tertipu hanya untuk kesenangan seks," pesan dr Boyke.



Simak Video "Eksklusif! Risiko dan Bahaya FWB Menurut Dr. Boyke"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)
Topik Hangat Edukasi Seks A-Z

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT