ADVERTISEMENT

Minggu, 19 Jun 2022 14:02 WIB

Korut Laporkan Wabah Penyakit Usus di Tengah COVID-19, Seperti Apa Kondisinya?

Vidya Pinandhita - detikHealth
Beautiful girl is having severe stomach pain while traveling. Wabah penyakit usus (Ilustrasi: Thinkstock)
Jakarta -

Belum beres dengan wabah COVID-19, Korea Utara kini diterpa wabah penyakit usus. Pada Minggu (19/6/2022), Korea Utara mengirim kru medis dan penyelidik epidemiologis ke sebuah provinsi yang kini memerangi wabah penyakit usus.

Dilaporkan hingga sejauh ini, setidaknya sebanyak 800 keluarga yang menderita 'epidemi enterik akut' telah menerima bantuan di Provinsi Hwanghae Selatan. Enterik tersebut mengacu pada penyakit saluran pencernaan, diduga sebagai penyakit kolera atau tipus.

Dikutip dari Reuters, wabah baru tersebut dilaporkan pada Kamis (16/6). Mengingat kini Korea Utara juga tengah berjuang melawan wabah COVID-19 dibarengi kondisi kekurangan makanan kronis, wabah penyakit tersebut kian membebani Korea Utara yang terisolasi.

Kantor berita negara KCNA merinci upaya pencegahan berupa karantina, penyaringan intensif untuk semua penduduk, dan pemantauan ketat terhadap kelompok rentan seperti anak-anak dan orang tua.

KCNA juga melaporkan, Korea Utara kini mengupayakan pekerjaan disinfeksi termasuk pada limbah untuk memastikan keamanan air minum dan air rumah tangga.

Dalam laporan pada Kamis (16/6), KCNA tidak melaporkan jumlah orang yang terkena dan penjelasan terkait jenis penyakit.

"(Kim) menekankan perlunya menahan epidemi sedini mungkin dengan mengambil tindakan yang baik untuk mengkarantina kasus yang dicurigai untuk benar-benar mengekang penyebarannya, mengkonfirmasi kasus melalui pemeriksaan epidemiologi dan tes ilmiah," terang KCNA.



Simak Video "Kasus Harian Covid-19 Jepang Tembus 100.000"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT