ADVERTISEMENT

Senin, 20 Jun 2022 08:35 WIB

Viral Wanita Depok Dikira Bintitan Berujung Dioperasi, Ini Awal Mulanya

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Wanita Depok mengeluhkan gejala bintitan tak kunjung sembuh. Viral wanita Depok mengeluh bintitan, berujung dioperasi. Ternyata mengidap penyakit ini. (Foto: Tangkapan layar: SS Viral)
Jakarta -

Isma Jeslyn, wanita 24 tahun asal Depok mengeluhkan gejala serupa bintitan selama berbulan-bulan. Lantaran tak kunjung sembuh, ia memutuskan untuk menjalani tindakan operasi di rumah sakit.

"Dioperasi kecil, dibius, tapi berasa banget sakitnya," cerita Isma kepada detikcom Senin (20/6/2022).

"Operasinya luar dalam, pertama sayat di bagian dalam kelopak. Berhubung yang keluar nanahnya sedikit, jadi disayat lagi di luar kelopaknya," sambung dia.

Penyakit yang diidap Isma rupanya bukan bintitan, melainkan kalazion. Kondisi ini bisa dipicu beragam faktor. Dalam kasus Isma, diyakini pemicunya disebabkan sisa make up yang tertinggal di area mata dan kemungkinan lainnya ialah paparan debu.

Meski kalazion relatif tidak berbahaya, kondisi ini bisa mengganggu penampilan. Bedanya, kelopak mata mungkin bakal terasa pegal dan gatal saat bintitan, sementara saat terkena kalazion, muncul pembengkakan akibat kelenjar minyak yang tersumbat.

Isma mengaku hanya merasakan sakit di awal-awal terkena kalazion. "Awal tumbuhnya berasa sakit sekitar 1-3 harian dan terasa bengkak, dipikir itu mau bintitan biasa, tetapi ternyata setelah berbulan-bulan tidak kunjung sembuh," kata Isma.

"Semakin lama semakin ketara benjolannya," tutur dia.

Untungnya, masa pemulihan pasca operasi Isma terbilang singkat, satu hingga dua hari setelahnya perban sudah bisa dibuka dan sekitar tiga hari kemudian sudah pulih sepenuhnya.

"Kata dokter disuruh sering bersihin bekas pakai maskara dan lain-lain, pokoknya sisa-sisa make up atau kalau dari luar rumah harus sering cuci muka," tandasnya.

"Soalnya bukan berarti setelah operasi tidak akan tumbuh lagi, bisa saja kembali tumbuh. Bahkan ada orang lain sudah operasi dua hingga tiga kali," kata dia.

Cerita Isma berakhir viral di TikTok usai dirinya menceritakan kronologi kejadian awal terkena kalazion. Pemilik akun TikTok @ismajeslyn berpesan, agar selalu menjaga kebersihan mata, khususnya pada wanita yang sering memakai make up.



Simak Video "Menakuti Bocah Pakai Suara 'Cekikikan' Hantu Bisa Timbulkan Trauma"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT