ADVERTISEMENT

Senin, 20 Jun 2022 15:02 WIB

Tanda-tanda Kematian pada Seseorang, Sering Dianggap Sepele!

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Young girl is waking up again. When the soul leaves the bodyYoung girl is waking up again/file_thumbview/42292548/1 Tanda-tanda kematian pada seseorang (Foto: Getty Images/iStockphoto/sezer66)
Jakarta -

Menjelang akhir hidup biasanya ada sejumlah tanda-tanda kematian, baik fisik maupun mental yang umumnya terjadi. Tanda-tanda tersebut bisa muncul pada kematian alami atau karena alasan sakit hingga usia lanjut.

Namun, untuk kematian karena kecelakaan ataupun bunuh diri tak memiliki tanda-tanda fisik yang dapat dibaca. Lantas, bagaimana tanda-tanda kematian pada seseorang?

Tanda-tanda Kematian pada Seseorang

Dikutip dari Healthline Senin (20/6/2022), berikut tanda-tanda kematian yang dapat dilihat dari kebiasaan maupun fisik seseorang.

1. Lebih Banyak Tidur

Tanda-tanda kematian bisa dilihat dari waktu tidur seseorang. Beberapa bulan sebelum akhir hayat, seseorang mungkin mulai tidur dalam jumlah waktu yang lebih banyak daripada biasanya. Hal ini disebabkan oleh metabolisme tubuh yang menurun, sehingga tubuh akan sering merasa kelelahan dan membutuhkan waktu tidur yang lebih banyak.

2. Makan dan Minum Sedikit

Pada usia tua, biasanya kebutuhan energi menurun, sehingga seseorang tak membutuhkan lebih banyak energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Oleh karenanya, keinginan makan dan minum menjadi sedikit, bahkan cenderung tak tertarik lagi pada beberapa makanan favoritnya.

3. Menjauhi Orang di Sekitar

Ternyata menjauhi orang-orang di sekitar termasuk tanda-tanda kematian. Tak jarang orang yang sakit keras perlahan-lahan menarik diri dari aktivitas sosial dan orang-orang di lingkungannya. Ini bisa terjadi akibat refleks alami dari perubahan energi.

4. Perubahan di Organ Vital

Tanda-tanda kematian juga bisa dilihat dari perubahan di organ vital. Misalnya tekanan darah menurun, perubahan pernapasan, detak jantung menjadi tidak teratur dan sulit dideteksi, hingga urine berubah warna menjadi cokelat. Apabila ini terjadi, tandanya organ ginjal di dalam tubuh sudah tak lagi berfungsi.

5. Jarang Buang Air

Dengan sedikit makan dan minum, maka gerakan usus pun menjadi lebih kecil dan tak teratur. Begitu juga dengan frekuensi buang air kecil dan besar menjadi lebih jarang daripada sebelumnya.

6. Suhu Badan Menurun

Tanda-tanda kematian yang satu ini biasanya disebabkan oleh sirkulasi darah yang tidak teratur menuju organ vital.

Berkurangnya sirkulasi darah di dalam tubuh artinya kulit akan terasa lebih dingin saat disentuh. Kulit akan terlihat pucat atau berbintik-bintik dengan bercak biru dan ungu.

7. Otot Melemah

Otot melemah juga bisa menandakan seseorang yang sudah dekat dengan ajalnya. Bahkan mungkin mengangkat cangkir dan berjalan saja akan sulit terjadi.

8. Halusinasi

Orang yang akan meninggal biasanya mengatakan hal-hal aneh di luar nalar kebanyakan orang. Ini merupakan halusinasi atau penglihatan yang tak normal atau tak seperti realita.



Simak Video "Respons WHO Terkait Laporan Kasus Kematian Akibat Cacar Monyet"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT