'Forum Dokter Susah Praktik' Ngadu ke DPR RI, Siapa Itu FDSP?

ADVERTISEMENT

'Forum Dokter Susah Praktik' Ngadu ke DPR RI, Siapa Itu FDSP?

Mochammad Fajar Nur - detikHealth
Senin, 20 Jun 2022 16:00 WIB
Close-up portrait of doctor in hospital operating room
Dokter-dokter susah praktik ngadu ke DPR RI (Foto: Getty Images/graphixel)
Jakarta -

Sekelompok dokter mengadu ke Komisi IX DPR RI, menyuarakan berbagai keresahan terkait registrasi dan izin praktik. Mereka menamakan diri FDSP, Forum Dokter Susah Praktik.

Koordinator FDSP, dr Yenni Tan, MARS, mengakui bahwa forum ini memang baru dibentuk. Begitupun terkait isu yang diperjuangkan, ia menuding Ikatan Dokter Indonesia (IDI) di balik sulitnya mengurus izin praktik.

"IDI yang mempersulit izin praktik, makannya kita ajukan revisi UUD. Jadi sudahlah aturan itu yang buat Kemenkes saja, jangan satu organisasi monopolis," tutur dr Yeni kepada detikcom, Senin (20/6/2022).

FDSP mengaku telah menyampaikan keluhan tersebut ke Komisi IX DPR RI. Mereka juga menyampaikan gagasan, serta siap membantu membuatkan naskah akademik terkait revisi undang-undang kedokteran.

Menurut dr Yenni, FDSP adalah sebuah forum spontanitas. Forum tersebut dibentuk untuk mewadahi keluhan-keluhan yang tidak tersampaikan karena takut 'dipecat' IDI. Sebagian di antara anggota adalah dokter-dokter diaspora atau lulusan luar negeri.

"Jadi ini bukan organisasi yah, kita forum spontan baru terbentuk untuk menyuarakan keresahan aspirasi dokter-dokter yang STR-nya mati tapi dipersulit, dan diaspora (dokter lulusan luar negeri/dari luar negeri) yang dipersulit buat adaptasi," jelas dr Yenni.

"Ini forum dadakan untuk bersuara. Rapatnya saja baru 2 hari kemarin sampe malam. Ini mau rapat lagi," tegasnya.



Simak Video "Dituding Persulit Izin Praktik Dokter Lulusan Luar Negeri, Apa Kata IDI?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT