ADVERTISEMENT

Senin, 20 Jun 2022 18:36 WIB

Terawan Muncul di Gedung DPR, Tegaskan Vaksin Nusantara Bisa Tangkal Omicron

Mochammad Fajar Nur - detikHealth
Terawan Agus Putranto di Gedung DPR, Senin (20/6/2022) dr Terawan Agus Putranto di Gedung DPR RI (Foto: Mochammad Fajar Nur/detikHealth)
Jakarta -

Mantan Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto menghadiri rapat dengan Komisi IX DPR RI, Senin (20/6/2022). Rapat tersebut antara lain membahas kelanjutan riset vaksin Nusantara.

"Uji klinis 2 sudah selesai, uji klinis 3 ini agar ada izin edar alat kesehatan. Jadi bisa segera di bikin vaksin nusantara di mana-mana," kata Terawan, ditemui seusai rapat.

Mantan Kepala RSPAD Gatot Soebroto yang juga penggagas vaksin Nusantara tersebut menjelaskan bahwa uji klinis fase 3 akan melibatkan 1.800 orang. Sementara berdasarkan uji klinis sebelumnya, Terawan menyebut efek proteksinya masih tinggi.

"Artinya apa? Vaksin nusantara tidak perlu booster," jelasnya.

Ditanya soal efektivitas vaksin Nusantara tersebut terhadap varian baru COVID-19, Terawan menegaskan keunggulan vaksin berbasis sel dendritik tersebut.

"Omicron sudah lengkap, antigen yang baru sudah lengkap. termasuk termasuk omicron dan varian-variannya. Jadi nggak perlu booster lagi," jawabnya.



Simak Video "IDI Resmi Pecat Dokter Terawan Dari Keanggotaan"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT