Sakit Dada Sebelah Kanan Gejala Penyakit Apa Sih? Awas, Bisa Seserius Ini

ADVERTISEMENT

Sakit Dada Sebelah Kanan Gejala Penyakit Apa Sih? Awas, Bisa Seserius Ini

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Selasa, 21 Jun 2022 11:18 WIB
Ilustrasi payudara bengkak
Sakit dada sebelah kanan gejala penyakit apa? (Foto: Getty Images/iStockphoto/Doucefleur)
Jakarta -

Kebanyakan orang lebih memahami sakit dada sebelah kiri yang diyakini tanda awal dari penyakit jantung. Padahal, sakit dada sebelah kanan juga bisa membuat pengidapnya was-was. Lantas, sakit dada sebelah kanan, gejala penyakit apa sih?

Sebagai informasi, nyeri dada umumnya ditandai dengan sensasi tertusuk, tertekan, atau perih di area dada. Kondisi seperti ini sama sekali tak bisa dianggap sepele, baik nyeri di sebelah kanan, kiri, maupun tengah.

Adapun penyebab nyeri dada sebelah kanan yang paling umum adalah nyeri otot. Kondisi ini biasanya hilang tanpa pengobatan dalam beberapa hari. Meski begitu, nyeri dada juga bisa menandakan adanya penyakit yang lebih serius, termasuk masalah jantung atau paru-paru. Apabila sering merasakan sakit dada di sebelah kanan, sebaiknya segera pergi ke dokter untuk diperiksa lebih lanjut.

Sakit Dada Sebelah Kanan, Gejala Penyakit Apa?

Dikutip dari Medical News Today, Selasa (21/6/2022), berikut beberapa penyebab sakit dada sebelah kanan yang tak boleh disepelekan.

1. Kecemasan atau Stres

Kecemasan atau stres yang parah dapat memicu serangan kecemasan atau serangan panik. Seseorang yang mengalami kondisi tersebut kemungkinan mengalami gejala yang mirip dengan serangan jantung, seperti sakit dada sebelah kanan, sulit bernapas, detak jantung yang cepat, berkeringat, hingga serangan panik.

2. Ketegangan Otot

Sakit dada sebelah kanan juga bisa disebabkan oleh otot dada yang tegang. Kondisi ini bisa terjadi akibat cedera, seperti terkilir atau efek samping olahraga. Menurut penelitian, sekitar 28 persen pasien yang masuk ke ruang gawat darurat akibat nyeri dada disebabkan oleh masalah muskuloskeletal, seperti ketegangan otot.

3. Peradangan Tulang Rawan

Sakit dada sebelah kanan juga bisa dipicu oleh peradangan tulang rawan atau kostokondritis. Kondisi seperti ini biasanya disebabkan oleh batuk parah, infeksi, atau cedera.

4. Pneumotoraks

Kondisi yang satu ini dikenal dengan paru-paru robek, terjadi akibat cedera, penyakit paru-paru, hingga efek samping penggunaan ventilator. Adapun gejala yang dirasakan berupa sakit dada sebelah kanan, sesak napas, dada terasa sesak, detak jantung cepat, batuk, hingga kelelahan.

5. Pneumonia

Penyebab sakit dada sebelah kanan berikutnya adalah infeksi paru-paru atau pneumonia. Penyakit ini disebabkan oleh patogen jahat, seperti bakteri, virus, dan jamur. Selain sakit dada, pneumonia juga bisa memicu gejala lainnya, seperti demam, batuk, hingga detak jantung yang cepat.

6. Kanker Paru-paru

Sakit dada sebelah kanan juga bisa menandakan adanya penyakit serius kanker paru-paru. Pasalnya, sekitar 20-40 persen pengidap kanker paru-paru mengeluhkan gejala berupa nyeri dada. Selain itu, pengidap juga kemungkinan mengalami gejala batuk, sesak napas, muntah darah, kelelahan, hingga berat badan turun.

7. Penyakit Jantung

Selain sakit dada sebelah kiri, penyakit jantung pun bisa memicu gejala sakit dada sebelah kanan. Kondisi ini dapat terjadi apabila penyakit jantung mempengaruhi sisi kanan jantung.

8. Infeksi Virus Herpes Zoster

Virus penyebab cacar air atau herpes zoster bisa menyerang dada hingga menyebabkan peradangan saraf dan kulit di sekitarnya. Kondisi ini bisa memicu gejala demam, ruam, dan sakit dada sebelah kanan.



Simak Video "Waspadai Penyakit Jantung pada Anak!"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT