ADVERTISEMENT

Selasa, 21 Jun 2022 17:00 WIB

Viral Gadis 18 Tahun Stroke Diawali Sakit Telinga, Dokter Ragu karena Earphone

Mochammad Fajar Nur - detikHealth
Viral gadis 18 tahun kena stroke usai mengeluhkan sakit telinga. Viral gadis 18 tahun kena stroke. Foto: Tangkapan layar: SS Viral
Jakarta -

Viral di TikTok seorang gadis 18 tahun pemilik akun TikTok @urfavjavanese mengeluhkan sakit telinga. Belakangan, diketahui ternyata dirinya mengidap stroke.

"Ke RS karena kuping gue kurang dengar, pikir gue karena jarang bersihin kali ya. Ternyata kena stroke," beber pemilik akun @urfavjavanese dikutip detikcom atas izin yang bersangkutan, Selasa (21/6/2022).

Kepada detikcom, Skar, sapaan akrabnya, mengatakan pemicu utamanya adalah karena terlalu sering memakai earphone yang menjadi pemicu radiasi. Gadis 18 tahun itu juga mengatakan dirinya yang jarang berolahraga dan beraktivitas di luar rumah diduga memicu stroke yang diidapnya.

Menanggapi hal ini, dokter spesialis saraf dari RS Pondok Indah, dr Rubiana Nurhayati, SpS menyatakan dirinya meragukan bahwa penggunaan earphone sebagai pemicu utama stroke. Menurutnya sakit telinga hingga berdengung lebih mengarah pada penyakit gangguan pendengaran.

"Bila sering menggunakan earphone dapat terjadi gangguan pendengaran dan telinga berdenging tetapi tidak membuat stroke," ujarnya pada detikcom, Selasa (21/6/2022).

Menurut dr Rubiana bisa jadi yang menyebabkan stroke pada kasus ini adalah pola hidup yang kurang sehat atau adanya faktor risiko genetik dari keluarga.

"Stroke di usia muda bisa disebabkan oleh kekentalan darah, kolesterol tinggi," ujarnya. Risiko ini bisa diperparah dengan jarang berolahraga dan menjaga pola hidup sehat.

Bagi anak muda yang khawatir memiliki risiko stroke, dr Rubiana menyarankan untuk rajin melakukan pemeriksaan medis agar stroke bisa segera dicegah.



Simak Video "Menakuti Bocah Pakai Suara 'Cekikikan' Hantu Bisa Timbulkan Trauma"
[Gambas:Video 20detik]
(mfn/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT