Rabu, 22 Jun 2022 11:15 WIB

Hari Anti Narkoba Internasional 2022: Tema, Sejarah, Kegiatan, dan Twibbon

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
The concept of stop drug addiction. Choosing between drugs and a healthy lifestyle. Hari Anti Narkoba Internasional 2022 (Foto: Getty Images/iStockphoto/Radachynskyi)
Jakarta -

Hari Anti Narkoba Internasional 2022 dirayakan pada tanggal 26 Juni setiap tahun. Tujuan peringatan ini untuk mengingatkan masyarakat tentang bahaya narkoba, sekaligus bertujuan untuk membangun kesadaran semua pihak bahwa narkoba adalah barang yang berbahaya bila disalahgunakan.

Terlebih masih adanya ketidakpahaman masyarakat mengenai narkoba dan risikonya, dapat menjadi celah para bandar dalam memasarkan dan memasok barang haram tersebut. Oleh karenanya, perlu menyadari bahwa di momentum peringatan Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) tahun 2022, pencegahan, penyuluhan, hingga informasi kepada semua kalangan mengenai bahayanya peredaran gelap dan penyalahgunaan narkoba harus masif dilakukan.

Juga, strategi yang sifatnya edukatif harus direncanakan, diadakan, dan dilaksanakan secara intensif. Hal ini berguna menghasilkan kehidupan sosial yang bebas dari penyalahgunaan narkoba. Simak seluk-beluk Hari Anti Narkoba Internasional berikut ini.

Tema Hari Anti Narkoba Internasional 2022

Dikutip dari United Nations, Rabu (22/6/2022), tema Hari Anti Narkoba Internasional 2022 adalah "Addressing drug challenges in health and humanitarian crises", artinya mengatasi tantangan narkoba dalam krisis kesehatan dan kemanusiaan. Tujuan dari tema tersebut untuk meningkatkan kesadaran akan masalah utama yang ditimbulkan oleh obat-obat terlarang bagi masyarakat.

Pada tahun ini United Nations Office on Drugs and Crime (UNODC) menangani tantangan narkoba transnasional yang berasal dari situasi krisis. Lembaga tersebut terus mengadvokasi untuk melindungi hak atas kesehatan bagi masyarakat yang termasuk kelompok rentan, yaitu anak-anak, remaja, orang yang menggunakan narkoba, orang dengan gangguan penggunaan narkoba, dan orang yang membutuhkan akses ke obat-obatan yang dikendalikan.

Sejarah Hari Anti Narkoba Internasional

Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mencanangkan 26 Juni sebagai Hari Anti Narkoba Internasional dan Perdagangan Gelap pada Desember 1987. Tanggal istimewa ini dipilih dengan pertimbangan mengambil momen pengungkapan kasus perdagangan opium oleh Lin Zexu (1785-1851) di Humen, Guangdong, China.

Selain itu, peringatan Hari Anti Narkoba Internasional juga dianggap sebagai ekspresi resolusi untuk membuat masyarakat internasional bebas dari penyalahgunaan narkoba.

Kegiatan Hari Anti Narkoba Internasional 2022

Adapun kegiatan yang bisa dilakukan oleh masyarakat, yaitu membagikan fakta nyata tentang situasi narkoba, baik dari risiko kesehatan dan solusi untuk mengatasi masalah narkoba dunia hingga sumber daya pencegahan, pengobatan, dan perawatan berbagai bukti di saat krisis.

Twibbon Hari Anti Narkoba Internasional 2022

Selain membagikan fakta yang benar tentang narkoba, bisa juga memasang sejumlah twibbon lucu yang sudah detikcom cari dari berbagai sumber.

  1. Hari Anti Narkoba Internasional 2022
  2. Hari Anti Narkoba Internasional 2022
  3. Hari Anti Narkoba Internasional 2022
  4. Hari Anti Narkoba Internasional 2022
  5. Hari Anti Narkoba Internasional 2022
  6. Hari Anti Narkoba Internasional 2022
  7. Hari Anti Narkoba Internasional 2022
  8. Hari Anti Narkoba Internasional 2022
  9. Hari Anti Narkoba Internasional 2022
  10. Hari Anti Narkoba Internasional 2022

Selamat Hari Anti Narkoba Internasional 2022!



Simak Video "Penjelasan Dokter soal Coki Pardede Nyabu Lewat Anal Berisiko HIV"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/up)