Rabu, 22 Jun 2022 15:04 WIB

Korsel Laporkan 2 Kasus Pertama Diduga Cacar Monyet, Begini Kondisinya

Vidya Pinandhita - detikHealth
Male doctor holding monkeypox vaccine. Korea Selatan melaporkan dua kasus terduga cacar monyet pertama. Foto: Getty Images/iStockphoto/kemalbas
Jakarta -

Korea Selatan melaporkan dua kasus terduga cacar monyet pertama, Rabu (22/6/2022). Kini otoritas kesehatan tengah melakukan tes diagnostik, kemudian bakal mengadakan pengarahan.

Salah satu dugaan cacar monyet tersebut terjadi pada seorang warga negara asing yang dilaporkan menunjukkan gejala potensial sejak Minggu (19/6). Ia memasuki Korea Selatan sejak Senin (20/6), dan kini tengah menjalani perawatan di tempat tidur isolasi di sebuah rumah sakit di kota Busan.

Kasus terduga lainnya dialami warga negara Korea Selatan yang mulai menunjukkan gejala setelah memasuki negara pada Selasa (21/6) sore. Sebelumnya, ia melakukan perjalanan dari Jerman. Kini pasien terduga cacar monyet kedua tengah dirawat di Pusat Medis Incheon.

"Tes diagnostik dan penyelidikan epidemiologis pada cacar monyet sedang dilakukan. Otoritas kesehatan akan segera mengadakan pengarahan untuk mengumumkan tindakan dan rencana tanggapan begitu hasilnya keluar," kata Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (KDCA) dalam sebuah pernyataan, dikutip dari Reuters, Rabu (22/6).

Akan tetapi hingga kini, KDCA belum memberikan penjelasan rinci lebih lanjut terkait kondisi kedua pasien terduga cacar monyet tersebut.

Pada awal Juni ini, Korea Selatan menetapkan cacar monyet sebagai penyakit menular tingkat dua. Menurut sistem empat tingkatnya, terdapat 22 penyakit menular. Di antaranya yakni COVID-19, kolera, dan cacar air yang masuk dalam kategori yang sama.



Simak Video "WHO Sebut Ada Kemungkinan Cacar Monyet Menular Lewat Droplet"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/naf)