ADVERTISEMENT

Rabu, 22 Jun 2022 20:30 WIB

3 Karakteristik Calon Ibu Saat Melahirkan, Suami Wajib Paham

Afif Ahmad Rifai - detikHealth
Team of doctors and nurses wear masks and gloves and prepare for surgery. Tiga karakteristik istri saat melahirkan. Foto: iStock
Jakarta -

Proses melahirkan merupakan momen yang mendebarkan tidak hanya bagi istri, namun juga bagi para suami. Momen melahirkan tidak hanya membutuhkan kesiagaan seorang suami, namun pada saat itu sang suami harus memahami karakter pasangannya.

Mengapa demikian? karena dalam beberapa kasus justru kehadiran suami malah berakibat fatal karena sang istri makin uring-uringan. Hal tersebut dikarenakan suami tidak memahami karakter dari pasangannya.

Momen melahirkan juga dialami oleh seorang Ibu yang bernama Mutiara Putri Ananda yang berbagi pengalamannya ketika melahirkan didampingi suami melalui live Instagram Haibunda beberapa waktu lalu.

Mutiara mengatakan bahwa dirinya lebih nyaman ketika sang suami hanya menggenggam tangannya ketimbang memberikan kata-kata penyemangat yang hanya akan terdengar aneh bagi Mutiara.

"Berarti Bunda Mutiara tipenya kinestetik yah, jadi lebih nyaman ketika mendapatkan sentuhan atau pelukan. Berbeda dengan tipe visual atau auditori yang membutuhkan jenis penyemangat yang berbeda juga," ungkap Bidan Chandra Dwi Fitriani atau akrab disapa Bidan Ochan beberapa waktu lalu.

Memahami karakter istri ketika melahirkan merupakan hal penting bagi suami. Ketika suami dapat memahami karakter istri, emosi keduanya akan tetap melekat sehingga akan memberikan perasaan tenang kepada istri selama proses melahirkan.

Menurut Bidan Ochan setidaknya terdapat tiga tipe karakter istri atau calon ibu saat melahirkan yang perlu dipahami oleh suami. Karakter tersebut antara lain:

1. Tipe Kinestetik

Seorang calon ibu yang mempunyai karakter kinestetik akan menyukai bila diberikan semangat oleh suami berupa sentuhan fisik. Sama halnya dengan yang dirasakan oleh Mutiara bahwa genggaman tangan suami dirasa sudah lebih dari cukup bila dibandingkan dengan kata-kata yang hanya membuat dirinya kurang nyaman.

Suami yang memiliki istri dengan karakter tersebut dapat memberikan pelukan, pijatan, hingga ciuman saat mendampingi istri dalam proses melahirkan.

2. Tipe Visual

Calon ibu dengan karakter visual lebih suka diberikan semangat oleh suami berupa sugesti atau afirmasi positif dengan cara membayangkan hal yang indah.

Kalimat penyemangat dari suami misalnya bisa dengan kalimat "Ayo sayang, si kecil pasti cantik kayak kamu. Dia pasti udah enggak sabar hadir di tengah-tengah kita", atau kalimat sejenis dengan membayangkan hal indah bersama buah hati.

Lalu, apa karakter lainnya yang dimiliki oleh istri ketika melahirkan? Baca halaman berikutnya.

KLIK DI SINI UNTUK KE HALAMAN BERIKUTNYA



Simak Video "Lahir di 17 Agustus. 16 Bayi Ini Diberi Pernak-pernik Kemerdekaan"
[Gambas:Video 20detik]
(Afif Ahmad Rifai/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT