ADVERTISEMENT

Kamis, 23 Jun 2022 17:30 WIB

Rima Melati Dikenal Sebagai Aktivis Antirokok dan Kanker Semasa Hidupnya

Firdaus Anwar - detikHealth
Rima Melati dan Frans Tumbuan Foto: Dok. Ist
Jakarta -

Artis senior Rima Melati meninggal dunia pada Kamis (23/6/2022), usai dirawat di RSPAD Gatot Seobroto. Artis yang memulai kariernya di dunia film pada era 60-an tersebut dikenal sebagai aktivis kesehatan semasa hidup.

Rima Melati pernah bercerita sempat menjadi perokok sampai dirinya terkena kanker payudara dan usus. Hal ini membuatnya meninggalkan kebiasaan tersebut dan mulai menyuarakan pesan-pesan kesehatan.

Sebagai contoh dalam persidangan uji materi UU Kesehatan No 36 tahun 2009 tentang tembakau sebagai zat adiktif di Mahkamah Konstitusi (MK), Rima Melati sempat hadir sebagai saksi.

"Saya dulu kena kanker usus dan payudara karena saya merokok," ungkap Rima saat itu.

"8 Tahun setelah itu saya kena kanker di organ tubuh lain, di payudara. Dokter saya bilang penyebabnya sama. Dia marah-marah karena saya tidak berhenti merokok... Sekarang saya lihat anak-anak kecil merokok. Ini menyedihkan sekali," lanjutnya.

Belum diketahui secara pasti penyebab meninggalnya aktris berusia 84 tahun itu. Menurut pengakuan sang sahabat, Widyawati, Rima sempat dirawat di ICU karena kondisi kesehatan yang menurun setelah mengidap ulkus dekubitus.



Simak Video "Kondisi Kesehatan Rima Melati Sempat Menurun Akibat Dekubitus"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT