Jumat, 24 Jun 2022 06:30 WIB

Nah Lho! Sembarangan Minum Antibiotik Bisa Bikin Mr P Ogah Berdiri

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Banana peel with drawn happy face on light blue background Mr P ogah berdiri gara-gara sembarangan minum antibiotik (Foto: Getty Images/iStockphoto/Liudmila Chernetska)
Jakarta -

Disfungsi ereksi atau kondisi "Mr P susah berdiri" adalah salah satu masalah yang kerap dialami oleh banyak pria. Menurut konsultan andrologi-urologi dari Rumah Sakit Universitas Indonesia, dr Widi Atmoko SpU(K), kondisi ini membuat seseorang mengalami ketidakmampuan untuk mendapatkan atau mempertahankan ereksi demi mencapai aktivitas seksual.

"Disfungsi ereksi adalah ketidakmampuan untuk mendapatkan atau mempertahankan ereksi guna mencapai aktivitas seksual yang memuaskan," dr Widi saat webinar virtual, Rabu (22/6/2022).

Penyebab disfungsi ereksi bermacam-macam, mulai dari gaya hidup yang tak baik, faktor lingkungan, komorbid, hingga penggunaan obat-obatan.

Berbicara tentang obat, dr Widi membeberkan sejumlah obat yang bisa berpotensi memicu disfungsi ereksi, seperti:

  • Obat antidepresan
  • Antibiotik
  • Obat hipertensi
  • Obat antikolinergik
  • Latrogenik

"Obat-obatan misalnya, mengkonsumsi obat golongan antidepresan, anti hipertensi, antikolinergik, dan lain-lain," tuturnya.

Oleh karenanya, penggunaan obat harus disesuaikan dengan resep dokter dan tak boleh dikonsumsi dengan sembarangan. Sebab, efek sampingnya tak hanya memicu gejala berupa pusing ataupun lainnya, tetapi juga bisa memicu penyakit atau kondisi serius seperti disfungsi ereksi.



Simak Video "dr Reisa Imbau Masyarakat Tak Asal Konsumsi Antibiotik Saat Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/up)