ADVERTISEMENT

Kamis, 23 Jun 2022 05:30 WIB

Sudah Pagi, Mr P Kok Nggak Ereksi? Ini Saran Dokter Urologi

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Hand holding banana as a symbol of sexual dysfunction Sudah pagi, Mr P kok nggak ereksi? (Foto: Getty Images/iStockphoto/andreusK)
Jakarta -

Ereksi di pagi hari, atau yang biasa disebut dengan morning wood, sebenarnya berhubungan dengan salah satu tahapan tidur, yaitu fase rapid eye movement (REM). Sebagai bagian dari pola tidur normal, transisi tidur muncul di malam hari dan terdiri dari beberapa fase.

Ereksi di pagi hari juga menandakan bahwa tubuh sedang melakukan pemeriksaan 'sistem' selama kamu tertidur. Oleh karenanya, fenomena ini adalah hal yang sangat normal terjadi pada pria. Namun, bagaimana jika tidak mengalami?

Konsultan andrologi-urologi dari Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI), dr Widi Atmoko SpU(K), menjelaskan bahwa hal itu bisa saja terjadi apabila seseorang mengalami stres yang berat, tidur yang tidak nyenyak, ataupun kecapean.

Namun, apabila seseorang tidak mengidap gangguan psikogenik ataupun masalah kesehatan, dan ternyata tidak mengalami ereksi di pagi hari, dr Widi menyebut bisa saja ia mengalami gangguan disfungsi ereksi.

"Ereksi pagi hari menjadi salah satu informasi yang mudah kita dapatkan, tinggal kita tanyakan pada pasien pria masih ada nggak ereksi di pagi hari. Tapi memang jangan saklek, kadang kadang kalau tidurnya kecapean, lagi stres sangat berat, misalnya pagi tidurnya juga tidak nyenyak, itu juga menyebabkan ereksi tidak fit di pagi hari," tuturnya saat webinar virtual, Rabu (22/6/2022).

"Tapi secara kesimpulan kita masih lihat, belakangan ini beberapa minggu itu kayak gimana ereksi paginya? Misalnya ada tiga hari, tidur pulas, dan dia juga tidak ada gangguan psikogenik, nanti dia ditanya apakah masih ada ereksi pagi atau tidak. Kalau jelas-jelas tidak ada ereksi pagi hari, sebenarnya bukan ereksi kuatnya, minimal tapi ada ereksi, nah itu mungkin kita mesti hati-hati. Mungkin dia memang ada gangguan disfungsi ereksi," lanjutnya.



Simak Video "Klinik Pengobatan Mak Erot Juga Bisa Tangani Keluhan Mr P Patah"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT