Jumat, 24 Jun 2022 11:15 WIB

Gejala Omicron BA.4-BA.5 pada Orang Dewasa dan Cara Mengatasinya

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Different colors of the spike proteins symbolize different mutations. Coronavirus pattern on dark blue background. The pale viruses are different in size. Gejala Omicron BA.4-BA.5 pada orang dewasa dan cara mengatasinya (Foto: Getty Images/iStockphoto/i-am-helen)
Jakarta -

Subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 diyakini sebagai dua subvarian yang paling menular dibandingkan strain aslinya BA.1. Kedua subvarian ini bisa menginfeksi siapa saja, baik anak-anak, lansia, maupun orang dewasa. Lalu, seperti apa gejala Omicron BA.4-BA.5 pada orang dewasa dan cara mengatasinya?

Gejala subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 umumnya bisa dialami oleh siapa saja. Menurut Ketua Pokja Infeksi Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) dr Erlina Burhan, subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 memiliki satu mutasi yang serupa dengan varian Delta, yaitu L425R.

"Dan perlu diketahui bahwa sebetulnya mutasi L452R ini juga tedeteksi pada Delta yang membuat virus itu lebih mudah menular. Jadi memang asumsi dari banyak peneliti, subvarian Omicron ini apakah dia BA.4, BA.5, BA,3 lebih mudah menular," katanya, dalam agenda daring PDPI, dikutip Selasa (14/6/2022)

"Karena dia kemampuan untuk escape immunitynya atau menghindari dari deteksi sistem imun itu lebih tinggi," terang dr Erlina.

Meskipun demikian, dr Erlina meyakini sejauh ini gejala Omicron BA.4 dan BA.5 pada orang dewasa kemungkinan besar berbeda dengan varian Delta. Apabila mengacu pada studi Hong Kong terkait posisi replikasi virus 'keluarga Omicron', gejala yang muncul lebih umum terjadi di saluran napas atas. Berikut informasinya.

Gejala Omicron BA.4-BA.5 pada Orang Dewasa

  • Batuk: 89 persen
  • Fatigue atau kelelahan: 65 persen
  • Hidung tersumbat atau rinore: 59 persen
  • Demam: 38 persen
  • Mual atau muntah: 22 persen
  • Sesak napas: 16 persen
  • Diare: 11 persen
  • Anosmia atau ageusia: 8 persen

Gejala Omicron BA.4-BA.5 pada Orang Dewasa Serius

Professor Tim Spector Inggris dari Studi ZOE COVID-19 Symptoms menyebut gejala Omicron BA.4 dan BA.5 pada orang dewasa yang tergolong serius dapat berupa tinnitus. Kondisi ini membuat pasien merasakan telinga berdenging.

"Ini menunjukkan bagian lain dari tubuh sedang terpengaruh, sesuatu yang internal, lebih dekat dengan otak," kata dia.

Total ada 14.500 orang yang mengikuti survei, 5.000 dinyatakan positif COVID-19 dan mengeluhkan telinga berdenging. Gejalanya datang dan pergi, bisa ringan, juga bisa bertahan selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan.

Menurut Prof Spector, banyak orang mengidap tinnitus dan semakin parah usai terinfeksi COVID-19. Bahkan, ada laporan peningkatan kasus gejala tinnitus pada pasien COVID-19 seiring maraknya kemunculan varian baru Corona BA.4 dan BA.5.

Berikut gejala Omicron BA.4-BA.5 yang muncul di telinga:

  • Dering
  • Berdengung
  • Mendesing
  • Desis
  • Denyutan

Cara Mengatasi Gejala Omicron BA.4 dan BA.5

Sama seperti mengobati flu biasa, gejala Omicron BA.4 dan BA.5 pada orang dewasa yang tergolong ringan dapat diatasi dengan cara yang mudah di rumah, salah satunya mengkonsumsi parasetamol dengan dosis yang teratur untuk menurunkan demam.

Selain itu, bisa mengkonsumsi permen pelega untuk meredakan sakit tenggorokan, mengkonsumsi minuman yang mengandung elektrolit seperti air kelapa, dan asupan cairan secara teratur untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Bisa juga menghirup uap hangat menggunakan baskom yang berisi air panas serta mengoleskan kain lembap ke dahi untuk meredakan ketidaknyamanan.

Meskipun begitu, ini tidak berlaku bagi pengidap yang memiliki gejala sedang hingga berat. Sebaiknya segera menghubungi dokter untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Jangan lupa juga untuk segera mendapatkan vaksin COVID-19 sebagai cara mencegah perburukan gejala dari virus Corona, termasuk Omicron BA.4 dan BA.5, serta mengurangi kemungkinan munculnya varian baru.



Simak Video "WHO: 110 Negara Alami Lonjakan Covid-19 Akibat BA.4 dan BA.5"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/kna)