Jumat, 24 Jun 2022 14:00 WIB

PDIB Klaim Komisi IX DPR Proses Revisi UU Praktik Kedokteran

Mochammad Fajar Nur - detikHealth
Ketua PDIB James Allan Rarung PDIB klaim Komisi IX DPR proses revisi UU Praktik Kedokteran. Foto: Mochammad Fajar Nur/detikhealth
Jakarta -

Kisruh terkait organisasi profesi kedokteran masih terus berlanjut. Menurut Ketua Perkumpulan Dokter Indonesia Bersatu (PDIB) dr James Allan Rarung, Komisi IX DPR RI saat ini sedang dalam proses untuk merevisi UU Praktik Kedokteran.

"DPR RI Komisi IX saat ini telah dalam proses untuk merevisi UU Praktik Kedokteran. Dalam pertemuan dengan PDIB di Senayan Jakarta, Komisi IX juga telah meminta PDIB ikut menyusun Naskah Akademik tentang kenapa revisi harus segera dilakukan," klaimnya, dalam keterangan tertulis, Jumat (24/6/2022).

Dirinya juga mengklaim pemerintah tengah menyusun Daftar Inventarisasi Masalah (DIM) untuk membahas revisi UU Praktik Kedokteran. PDIB juga mengajak dokter-dokter ikut bergabung menyusun naskah akademik dalam proses revisi tersebut.

"Begitupun, dalam penyampaian juga disampaikan bahwa Pemerintah (bersama-sama DPR RI) sudah sementara dalam tahap menyusun DIM untuk dibahas nanti. Oleh karena itu, PDIB sangat berharap kepada sesama sejawat dokter di seluruh Indonesia untuk ikut memberikan masukan di dalam hal penyusunan naskah akademik," sambung dr James.

Sebelumnya, PDIB bersama Forum Dokter Susah Praktik (FDSP) melakukan pertemuan dengan Komisi IX DPR RI pada Senin (20/6) untuk mengadukan keluhan terkait sulitnya izin praktik kedokteran dan mendukung adanya revisi UU Nomor 29 Tahun 2004 yang mengatur praktik kedokteran.

Koordinator FDSP, dr Yenni Tan, MARS, menuding Ikatan Dokter Indonesia (IDI) di balik sulitnya mengurus izin praktik.

"IDI yang mempersulit izin praktik, makannya kita ajukan revisi UUD. Jadi sudahlah aturan itu yang buat kemenkes saja, jangan satu organisasi monopolis," tutur dr Yeni pada detikcom, Senin (20/6).

detikcom sudah mencoba mengkonfirmasi klaim ini pada Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Melki Laka Lena, namun belum mendapat respons lebih lanjut. Masih belum jelas apakah komisi IX DPR RI benar melakukan revisi, termasuk kemungkinan revisi apa yang dimaksud.



Simak Video "Buntut Polemik IDI, DPR Buka Kemungkinan Revisi UU Praktik Kedokteran"
[Gambas:Video 20detik]
(mfn/naf)