ADVERTISEMENT

Senin, 27 Jun 2022 06:01 WIB

Sudah Berapa Banyak yang 'Kebal' COVID-19? Sero Survei Ketiga RI Segera Rilis

Mochammad Fajar Nur - detikHealth
Sebanyak 17 murid SMAN 2 Bantul, DIY, terkonfirmasi positif COVID-19. Pihak sekolah pun menggelar swab massal kepada guru dan siswa. COVID-19 (Foto: Antara Foto/Andreas Fitri Atmoko)
Jakarta -

Belakangan ini kasus COVID-19 di Indonesia kembali meningkat. Subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 diduga menjadi penyebab peningkatan kasus COVID-19 di Indonesia. Menurut informasi, subvarian terbaru ini dikabarkan mampu lolos dari respons antibodi.

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin menyatakan akan segera merilis sero survei terbaru antibodi masyarakat terhadap COVID-19. Hal ini menurutnya bertujuan juga untuk mengetahui daya tahan antibodi masyarakat terhadap subvarian Omicron BA.4 dan BA.5.

"Sero survei dilakukan Desember 86 persen, pada bulan Maret 99,2 persen sudah antibodi masyarakat kita. Kita akan lakukan lagi akhir Juni ini sampai awal Juli, mudah-mudahan di minggu ketiga Juli sudah ada," ujarnya di sela acara Hibah 300 unit Vaccine Refrigerator dari Pemerintah Jepang melalui UNICEF di JICT (Jakarta International Container Terminal) Tanjung Priok, Jakarta Utara, Minggu (26/6/2022).

Budi juga menyatakan sero survei ke depan akan terus dilakukan secara rutin untuk mendapatkan data hasil antibodi masyarakat yang terus diperbarui.

"Kita akan lakukan sero survei rutin nantinya untuk melihat kekebalan masyarakat kita," sambungnya.

Menurutnya, peningkatan kasus COVID-19 belakangan ini masih di bawah standar yang dibuat oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Dengan begitu, ia menyatakan Indonesia masih dalam kondisi aman.

"WHO standar level 1 dia itu, sekitar 7.800 per hari, kita kan masih di bawahnya. Jadi masih aman, kalau ini masih di bawah angka itu berarti masih seperti PPKM level 1 versi WHO," pungkasnya.



Simak Video "90 Persen Warga RI Punya Antibodi, Upaya Pencegahan Tetap Diterapkan"
[Gambas:Video 20detik]
(mfn/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT