ADVERTISEMENT

Senin, 27 Jun 2022 12:04 WIB

Kelompok LGBT di AS Terancam Kena Penyakit Otak Mematikan, Apa Pemicunya?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
lgbt Kaum LGBT di Florida mendapat ancaman penyakit otak. (Foto: Getty Images)
Jakarta -

Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit AS (CDC) memperingatkan mereka yang mengidentifikasi diri sebagai gay, biseksual, queer atau trans, bahwa mereka perlu mendapatkan vaksin yang dapat mencegah mereka terkena penyakit meningokokus.

Penyakit meningokokus, termasuk meningitis, adalah infeksi bakteri pada lapisan otak dan sumsum tulang belakang.

CDC melaporkan ada wabah yang sedang berlangsung di Florida yang CDC gambarkan sebagai "salah satu wabah penyakit meningokokus terburuk di antara pria gay dan biseksual dalam sejarah AS."

CNN melaporkan dari data CDC hingga Jumat, ada 26 kasus dan tujuh kematian akibat penyakit tersebut di antara pria yang berhubungan seks dengan pria. Enam dari kematian juga merupakan bagian dari komunitas LGBTQ. Setengah dari kasus terjadi pada pria yang diidentifikasi sebagai Hispanik.

Penyakit ini tidak hanya berdampak pada orang yang diidentifikasi sebagai LGBT atau Q dan penyakit tersebut tampaknya tidak terkait dengan satu peristiwa tertentu. CDC masih menyelidiki, tetapi wabah sedang berlangsung.

Wabah meningokokus terjadi ketika CDC melacak cacar monyet lainnya yang tidak biasa di negara-negara di mana penyakit ini tidak endemik, termasuk Amerika Serikat. Hingga Jumat, CDC telah melaporkan 201 kasus orthopoxvirus di Amerika Serikat, termasuk 16 di Florida.

"Ancaman terhadap populasi umum AS rendah, kata CDC, tetapi ada sejumlah besar kasus cacar monyet di antara gay, biseksual, dan pria lain yang berhubungan seks dengan pria," beber CDC.

"Namun, siapa pun yang telah melakukan kontak dekat dengan seseorang yang menderita cacar monyet berisiko," catat CDC.



Simak Video "Tanggapan WHO soal Heboh Cacar Monyet Dilabeli Penyakit Gay"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT