ADVERTISEMENT

Selasa, 28 Jun 2022 07:16 WIB

Waspada! Cacar Monyet Bisa Sebabkan 4 Komplikasi Ini

Razdkanya Ramadhanty - detikHealth
Monkeypox new disease dangerous over the world. Patient with Monkey Pox. Painful rash, red spots blisters on the hand. Close up rash, human hands with Health problem. Banner, copy space. Painful rash, red spots blisters on the hand. Close up Allergy rash, human hands with dermatitis and Health problem. Ill eczema skin of patient. Viral Diseases. Red rashes on the palm. Enterovirus. coxsackie Waspada! Cacar monyet bisa sebabkan 4 komplikasi ini (Foto: Getty Images/iStockphoto/Marina Demidiuk)
Jakarta -

Penyakit cacar monyet atau monkeypox sudah terdeteksi di berbagai negara. Meskipun virus ini belum terdeteksi di Indonesia, kewaspadaan akan penyakit ini perlu ditingkatkan.

Spesialis kulit dan kelamin dari RSPI Sulianti Saroso, dr Ni Luh Putu Pitawati, SpKK, mengatakan cacar monyet bisa menyebabkan komplikasi setelah menginfeksi. Seberapa parah komplikasinya disebut bisa berbeda tergantung dari tingkat sistem kekebalan tubuh.

"Untuk monkeypox ini, komplikasi masih bisa (terjadi)," kata dr Putu, dikutip dari siaran Radio Kesehatan, Selasa (28/6/2022).

Adapun beberapa komplikasi yang timbul setelah terinfeksi cacar monyet, antara lain:

  • Bekas luka pada tempat cacar
  • Cacar mengeluarkan nanah atau kondisi memburuk
  • Infeksi paru-paru. Kondisi ini bagi mereka yang sedang melakukan kemoterapi atau sistem kekebalan tubuh sedang lemah
  • Infeksi Saluran nafas. Kondisi ini bisa terjadi apabila infeksi pada seluruh tubuh

Oleh sebab itu, dr Putu mengimbau agar masyarakat tetap menjaga kesehatan dan kebersihan diri guna melawan virus cacar monyet yang sedang berkembang.

"Monkeypox memang self limiting atau bisa sembuh sendiri. Tapi jika tidak didasari dengan kondisi yang sehat, bisa terjadi komplikasi," pungkasnya.



Simak Video "Menkes: Monkeypox Menular Jika Sudah Ada Gejala"
[Gambas:Video 20detik]
(any/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Adu Perspektif
×
Menuju Koalisi: Kawin Paksa Vs Sukarela
Menuju Koalisi: Kawin Paksa Vs Sukarela Selengkapnya