ADVERTISEMENT

Selasa, 28 Jun 2022 11:27 WIB

Viral Pelecehan Anak di Mal Bintaro, Bisakah Diproses Jika Pelaku ODGJ?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Pelecehan Seksual anak Viral pelecehan anak di mal bintaro. (Foto: iStock)
Jakarta -

Viral kasus dugaan pelecehan anak di Mal Bintaro Xchange, Tangerang Selatan. Sebuah video memperlihatkan pria yang diduga pelaku dikejar dan diamankan petugas keamanan.

Kanit PPA Polres Tangerang Selatan Iptu Siswanto mengakui kejadian tersebut. Namun pihak kepolisian mengatakan kasus tak dilanjutkan karena terduga pelaku diduga mengalami gangguan jiwa.

"Di kantor dimediasikan karena kondisi pelaku itu kurang waras. Surat dari rumah sakit jiwanya ada kok, dia lagi proses pengobatan. Jadi keluarga korban nggak bikin LP," kata Iptu Siswanto.

Menanggapi kasus tersebut, ahli psikolog forensik Reza Indragiri Amriel mengatakan tidak semua kasus hukum terkait gangguan kewarasan berhenti hanya karena Pasal 44 Ayat (1) di KUHP. Sebab, jika pelaku memahami risiko perbuatannya dan menyadari hal tersebut meski terganggu psikisnya, maka proses hukum tetap bisa dilanjutkan.

Terkait kondisi gangguan kejiwaan yang diidap pelaku, Reza mengatakan perlu didalami mengapa pelaku tersebut bisa berada di tempat umum dan membahayakan anak-anak.

"Kalau pelaku disebut kurang waras, bagaimana cara polisi memediasi orang kurang waras? Tahukah orang kurang waras, dan setujukah ia, bahwa ia akan dimediasi?" beber Reza dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Selasa (28/6/2022).



Simak Video "Aksi 'Colak-colek' Anak Bikin Resah "
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Adu Perspektif
×
Menuju Koalisi: Kawin Paksa Vs Sukarela
Menuju Koalisi: Kawin Paksa Vs Sukarela Selengkapnya