ADVERTISEMENT

Rabu, 29 Jun 2022 07:47 WIB

Ternyata Segini Loh Kadar Normal Kolesterol Wanita

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Ilustrasi level kolesterol. Kadar kolesterol normal untuk wanita (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Kadar kolesterol normal umumnya dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti usia, berat badan, dan jenis kelamin. Artinya, kadar normal kolesterol untuk wanita dan pria berbeda.

Seiring berjalannya waktu, tubuh seseorang cenderung menghasilkan lebih banyak kolesterol, sehingga semua orang dewasa harus memeriksa kadar kolesterolnya secara teratur. American Heart Association pun merekomendasikan agar kita rutin memeriksa kadar kolesterol setiap 4-6 tahun sekali apabila sudah berusia di atas 20 tahun.

Berbicara tentang kolesterol, ini sebenarnya merupakan zat yang berfungsi untuk membantu metabolisme tubuh. Terdapat dua jenis kolesterol di dalam tubuh, yaitu kolesterol baik atau high density lipoprotein (HDL) dan kolesterol jahat atau low density lipoprotein (LDL).

Fungsi dari kolesterol HDL adalah menjaga metabolisme tubuh, sedangkan kolesterol LDL atau jahat sangat berisiko memicu penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung hingga stroke. Oleh karenanya, penting bagi kita untuk menjaga kadar kolesterol normal. Lantas, berapa sih kadar normal kolesterol untuk wanita? Simak informasi berikut.

Kadar Normal Kolesterol untuk Wanita

Direktur Asosiasi Kardiologi Preventif di Pusat Pencegahan Penyakit Jantung Ciccarone, Erin Michos, MD, menjelaskan bahwa kadar normal kolesterol untuk wanita adalah ketika kolesterol LDL kurang dari 70 mg/dl dan HDL yang harus mendekati 50 mg/dl. Begitu juga dengan trigliserida yang harus kurang dari 150 mg/dl.

"Kadar kolesterol total jauh di bawah 200 mg/dl adalah yang terbaik," ucap Michos.

Dikutip dari Hopkins Medicine, Selasa (28/6/2022), wanita umumnya memiliki kadar kolesterol HDL yang lebih tinggi daripada pria lantaran hormon estrogen yang meningkat di dalam tubuh. Namun, hal ini bisa berubah ketika seorang wanita masuk fase menopause.

Pada titik ini, banyak wanita mengalami perubahan kadar kolesterol, yaitu kolesterol total dan LDL meningkat, serta kolesterol HDL yang menurun. Ini alasannya mengapa wanita yang memiliki nilai kolesterol baik selama masa subur, kemungkinan akan berakhir dengan peningkatan kolesterol di kemudian hari. Tentu saja, faktor genetika dan gaya hidup juga dapat memainkan peran besar.



Simak Video "'Flu Perut', Penyakit yang Tak Ada Hubungannya dengan Virus Influenza"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT