ADVERTISEMENT

Rabu, 29 Jun 2022 16:16 WIB

9 Manfaat Ganja Medis dalam Dunia Kesehatan Plus Efek Sampingnya

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Close Up of a Young Hemp or Marijuana Plant Growing in a Nursery Getting Ready to be Planted in a Field Ilustrasi daun ganja. Manfaat ganja medis di dunia kesehatan beserta efek sampingnya. (Foto: Getty Images/grandriver)
Jakarta -

Ganja medis merupakan istilah untuk turunan dari tanaman ganja atau Cannabis Sativa. Adapun istilah ganja medis dikenal sebagai Cannabis Medis atau Marijuana Medis. Manfaat ganja medis umumnya digunakan untuk meredakan gejala yang disebabkan oleh kondisi medis tertentu. Namun, penggunaannya juga disesuaikan dengan aturan undang-undang di negara yang melegalkannya sebagai pengobatan.

Tanaman ini diketahui memiliki kandungan senyawa aktif, salah satunya yang paling terkenal adalah delta-9 tetrahydrocannabinol (THC) dan cannabidiol (CBD). THC adalah bahan utama dalam ganja yang membuat orang "high" alias mabok atau melayang-layang.

Untuk mendapatkannya pun memerlukan surat rekomendasi dari dokter yang berlisensi di negara yang melegalkan. Misalnya, Malaysia berniat untuk melegalisasi ganja sehingga warga bisa bebas menanamnya dengan syarat mendapat izin dari Kementerian Kesehatan.

"Baru-baru ini, saya membaca di media tentang (keberhasilan) sekelompok orang Malaysia (di luar negeri) dalam memproduksi minyak ganja, jadi saya merasa ini adalah peluang yang sia-sia jika kita tidak melihat kelayakan untuk melakukan hal yang sama di Malaysia," ucap Datuk Seri Zulkifli Abdullah, Direktur Jenderal Badan Anti Narkoba Nasional Malaysia, dikutip dari The Coverage pada Rabu (29/06/2022).

Selain harus memenuhi aturan dari negara yang melegalkan, penggunaan ganja medis juga harus memenuhi syarat kondisi tertentu. Setiap negara biasanya memiliki daftar persyaratan kualifikasinya sendiri. Berikut manfaat ganja medis dan efek sampingnya.

Manfaat Ganja Medis

Dikutip dari Mayoclinic, Rabu (29/6), berikut manfaat ganja medis yang kemungkinan bisa mengobati beberapa kondisi tertentu, seperti:

  1. Penyakit alzheimer
  2. Sklerosis lateral amiotrofik (ALS)
  3. HIV-AIDS
  4. Penyakit Crohn
  5. Epilepsi dan kejang
  6. Glaukoma
  7. Multiple sclerosis dan kejang otot
  8. Sakit parah dan kronis
  9. Mual atau muntah parah yang disebabkan oleh pengobatan kanker

Efek Samping Ganja Medis

Ada manfaat ganja medis, pasti ada juga efek sampingnya. Berikut sejumlah efek samping ganja medis yang perlu diketahui:

  1. Peningkatan detak jantung
  2. Pusing
  3. Konsentrasi dan memori terganggu
  4. Waktu reaksi lebih lambat
  5. Interaksi obat-ke-obat yang negatif
  6. Peningkatan risiko serangan jantung dan stroke
  7. Nafsu makan meningkat
  8. Potensi kecanduan
  9. Halusinasi atau penyakit mental
  10. Gejala putus obat

Meskipun demikian, efek samping dan manfaat ganja medis masih membutuhkan studi lebih lanjut.



Simak Video "Ahli Ungkap Manfaat Ganja Medis untuk Penyakit Saraf"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT