ADVERTISEMENT

Jumat, 22 Jul 2022 18:33 WIB

Ganja Medis untuk Low Back Pain, Manjurkah? Ini Kata Dokter

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Thailand resmi hapus ganja dari daftar obat-obatan terlarang. Thailand juga jadi negara pertama di Asia Tenggara yang legalkan ganja untuk medis dan penelitian. Ganja Medis untuk nyeri punggung bawah (Foto: Getty Images/Lauren DeCicca)
Jakarta -

Ganja medis belakangan ini tengah jadi sorotan usai Santi, seorang ibu dari anak pengidap cerebral palsy, memohon pelegalan ganja medis di Indonesia. Meskipun demikian, ujung dari permohonan tersebut berakhir ditolak Mahkamah Konstitusi (MK).

Selain disebut bisa mengobati cerebral palsy, beberapa studi luar menyebut ganja medis bisa meredakan nyeri punggung di bagian bawah atau low back pain (LBP). Bagaimana para dokter memandang hal itu?

Menurut, dr Ajiantoro, SpOT (K-Spine), dokter spesialis orthopaedi dan traumatologi dari RS Brawijaya Depok, riset-riset terkait ganja medis tersebut masih belum memberikan hasil yang konsisten. Adapun obat-obat yang bisa mengurangi nyeri punggung bagian bawah adalah obat anti nyeri atau analgetik.

Tentunya obat-obatan tersebut juga harus didapatkan dengan resep dokter yang telah terstandar dan berdasarkan hasil diagnosis pasien terkait low back pain atau nyeri punggung di bagian bawah.

"Kalau ganja medis terus terang ya, itu mungkin bukan merupakan suatu riset-riset yang pasti. Jadi, obat-obatan yang bisa mengurangi low back pain atau rasa nyerinya berupa obat-obatan anti nyeri atau analgetik. Tentunya obat-obatan anti nyeri dan analgetik ini harus didapatkan dengan resep dokter yang telah terstandar, dan telah diketahui dulu diagnosis dari low back pain tersebut," tuturnya saat ditemui oleh detikcom di Depok, Jumat (22/7/2022).

"Sebaiknya untuk terapi low back pain, anti nyerinya dilakukan pemberian obat-obatan yang sudah disetujui oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan terstandar dari sisi medis," sambungnya.



Simak Video "Kenali Gejala Nyeri Punggung Bawah dan Cara Mengatasinya "
[Gambas:Video 20detik]
(suc/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT