ADVERTISEMENT

Kamis, 30 Jun 2022 11:07 WIB

Drummer Blink 182 Travis Barker Idap Pankreatitis, Penyakit Apa Itu?

Razdkanya Ramadhanty - detikHealth
INDIO, CA - APRIL 11:  Musician Travis Barker attends during day 2 of the 2015 Coachella Valley Music & Arts Festival (Weekend 1) at the Empire Polo Club on April 11, 2015 in Indio, California.  (Photo by Mark Davis/Getty Images) Drummer Blink 182 Travis Barker idap pankreatitis, penyakit apa itu? (Foto: Mark Davis)
Jakarta -

Drummer Blink 182, Travis Barker, dilarikan ke rumah sakit pada Selasa (28/6/2022). Menurut seorang sumber, ia dilaporkan mengidap penyakit pankreatitis.

"Travis sakit dan mengalami rasa sakit yang hebat di perutnya, itu benar-benar membuatnya dan Kourtney khawatir. Mereka langsung menelpon 911 dan dilarikan ke rumah sakit," kata seorang sumber kepada ET, dikutip Kamis (30/6/2022).

"Setelah Travis menjalankan beberapa tes, dokter mengatakan Travis menderita penyakit pankreatitis," lanjut sumber tersebut.

Akan tetapi, sumber tersebut tidak mengetahui secara pasti penyebab Travis menderita pankreatitis.

Apa Itu Penyakit Pankreatitis?

Pankreatitis atau radang pankreas adalah peradangan yang terjadi pada organ pankreas. Radang pankreas terjadi akibat adanya reaksi kimia karena enzim pencernaan yang dilepaskan tidak mengalir ke saluran cerna dan berbalik menyerang pankreas.

Dikutip dari WebMD, terdapat dua jenis pankreatitis yakni pankreatitis akut dan pankreatitis kronis. Pankreatitis kronis adalah peradangan pada pankreas yang terjadi dalam waktu lama, dan biasanya muncul pasca seseorang terserang pankreatitis akut.

"Penyebab lainnya dari pankreatitis kronis adalah konsumsi minuman alkohol yang berlebih. Biasanya, seseorang yang menggemari minuman alkohol dan pernah mengalami pankreatitis akut lebih mudah terserang pankreatitis kronis bertahun-tahun kemudian," tulis WebMD.

Di sisi lain, pankreatitis akut adalah radang pankreas yang terjadi secara cepat dan dalam waktu singkat. Gejala utamanya adalah rasa nyeri dibagian perut. Jika tak segera ditangani, komplikasi pankreatitis akut bisa menyebabkan kematian.

"Sebagian besar pasien yang mendapat pertolongan bisa selamat dan sembuh. Sisanya berisiko mengalami komplikasi yang menyebabkan perdarahan, rusaknya jaringan, infeksi hingga munculnya kista," demikian dikutip dari WebMD.



Simak Video "Heboh Juru Bahasa Isyarat HUT Ke-77 RI Ikut Joget 'Ojo Dibandingke'"
[Gambas:Video 20detik]
(any/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT