ADVERTISEMENT

Kamis, 30 Jun 2022 16:15 WIB

Kronologi Wanita Riau Ketahuan Idap Kista 30 Cm, Dikira Buncit karena Tak BAB

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Seorang wanita asal Riau memiliki perut besar, mulanya dikira karena jarang BAB. Ternyata kista 30 cm bersarang di luar rahim, Foto: Tangkapan layar: SS Viral (atas izin yang bersangkutan)
Jakarta -

Wanita asal Pekanbaru, Riau, Putri May Laras belakangan jadi sorotan usai dirinya mengunggah video di TikTok terkait pengalaman terkena kista. Kista 'bersarang' di perut sebesar 30 sentimeter hingga perutnya membuncit dan banyak orang mengira dirinya tengah hamil.

Mulanya, ia hanya mengira penyebab perut buncit dikarenakan jarang buang air besar. Siapa sangka, dokter mendiagnosis dirinya terkena kista usai dilakukan pemeriksaan USG.

Bagaimana awal mulanya?

"Saya masih berumur 25 tahun dengan status belum menikah dan insya Allah punya niat bulan ketujuh ini akan menunaikan niat baik yaitu pernikahan," cerita dia dalam video viral TikTok di akun @pejuanghalaall, dikutip detikcom atas izin yang bersangkutan, Rabu (30/6/2022).

Saat perutnya tampak membesar, ia masih menjalani keseharian seperti biasa. Bahkan, sebelum dokter menyatakan dirinya terkena kista, jadwal menstruasi Putri terbilang lancar dan tak pernah terlambat.

"Darah yang keluar juga seperti biasa, nggak berlebihan atau kurang," tuturnya, merasa tidak ada yang aneh.

Putri kemudian memilih untuk diet demi penampilan. Anehnya, saat berat badan turun, lingkar perutnya masih tetap lebar.

"Nah dari sini, mulai kelihatan kejanggalannya," kata dia.

"Setelah berat badan turun, kondisi perut tetap buncit. Sampai dibercandain ibu hamil. Nah tahun ini sekitaran Februari, saya merasa perut saya itu keras banget, memang saya yang termasuk jarang buang air besar," sambungnya.

Lantaran tak tahan dengan rasa sakit yang dirasakan, ia memutuskan untuk mendatangi dokter spesialis penyakit dalam di Maret, tahun ini. Di situlah pertama kali ia mengetahui kista selama ini sudah 'bersarang' begitu besar.

"Di sini saya menceritakan hanya ingin memberikan semangat kepada para perempuan apabila mengalami hal seperti saya," katanya.

Kepada detikcom, ia mengaku tidak mengetahui pasti jenis kista apa yang diidap dan juga apa penyebab kista bersarang di luar rahimnya. Ia bercerita sudah mendatangi lima dokter untuk menemukan apa penyebab kista yang diidap, tetapi belum ada jawaban yang pasti.

Ia sempat menanyakan apakah ada pengaruh dengan makanan yang dikonsumsi, beberapa dokter disebutnya tidak menampik kemungkinan tersebut.



Simak Video "Konten Negatif Kok Cenderung Mudah Viral?"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Adu Perspektif
×
Menuju Koalisi: Kawin Paksa Vs Sukarela
Menuju Koalisi: Kawin Paksa Vs Sukarela Selengkapnya