Omicron Makin Mengkhawatirkan, BPOM AS Dukung Vaksin Khusus BA.4 dan BA.5

ADVERTISEMENT

Omicron Makin Mengkhawatirkan, BPOM AS Dukung Vaksin Khusus BA.4 dan BA.5

Razdkanya Ramadhanty - detikHealth
Jumat, 01 Jul 2022 08:00 WIB
Young doctor giving COVID 19 vaccine to young woman at home
Foto: Getty Images/iStockphoto/MJimages
Jakarta -

Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) merekomendasikan para produsen vaksin COVID-19 untuk mendesain vaksin booster khusus Omicron BA.4 dan BA.5. Diketahui, dua subvarian tersebut sudah mulai menjadi subvarian dominan.

Jika pengembangan diizinkan nantinya, vaksin tersebut akan menjadi perubahan pertama terbesar dalam dunia vaksin COVID-19. Sebab, sebelumnya FDA hanya merekomendasikan desain yang telah teruji dan sudah diproduksi oleh banyak perusahaan vaksin.

Menurut pejabat tinggi FDA, tidak diperlukan studi baru mengenai vaksin khusus BA.4 dan BA.5. Pengembangan ini hanya untuk pembaruan vaksin layaknya vaksin flu yang telah dilakukan bertahun-tahun.

"Dalam arti, kita mengejar sang virus, sama seperti yang kita lakukan pada influenza," kata dr William Schaffner, ahli penyakit menular di Vanderbilt University Medical Center, seperti dikutip dari Reuters (1/7/2022).

dr Schaffner menambahkan bahwa vaksin yang didesain ulang untuk menangkal subvarian Omicron akan memberikan perlindungan lebih baik daripada yang sudah ada saat ini.

Pihak FDA mengatakan, vaksin booster yang didesain baru akan menjadi vaksin bivalen. Artinya vaksin akan menargetkan baik virus COVID-19 asli dan subvarian Omicron.

Rekomendasi FDA tersebut berdasarkan hasil penelitian para ahli dengan tujuan memerangi virus Corona yang saat ini mendominasi.



Simak Video "Yang Perlu Diketahui soal Booster Kedua Vaksin Covid-19 untuk Lansia"
[Gambas:Video 20detik]
(any/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT