ADVERTISEMENT

Jumat, 01 Jul 2022 10:00 WIB

ROUND-UP

Viral Kista 30 cm 'Bersarang' di Perut Bak Ibu Hamil, Ini Cerita di Baliknya

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Seorang wanita asal Riau memiliki perut besar, mulanya dikira karena jarang BAB. Ternyata kista 30 cm bersarang di luar rahim, Foto: Tangkapan layar: SS Viral (atas izin yang bersangkutan)
Jakarta -

Seorang wanita mengidap kista yang 'bersarang' di perut sebesar 30 sentimeter. Adalah Putri May Laras, yang mengunggah ceritanya dalam video TikTok di akun pribadi @pejuanghalaall.

Kepada detikcom, ia tidak mengetahui pasti kista apa yang selama ini menyebabkan perutnya buncit bak ibu hamil. Begitu pula dengan penyebabnya, ia sempat curiga kista bisa muncul akibat konsumsi makanan yang tidak sehat.

Terlebih, ia merasa tidak ada yang aneh dengan jadwal menstruasinya selama ini. "Darah yang keluar juga seperti biasa, nggak berlebihan atau kurang," kata wanita asal Pekanbaru, Riau.

Wanita yang akrab disapa Ayas ini mengaku sudah mengunjungi lima dokter untuk mengetahui penyebab dari kista yang dialami.

"Dan lima-limanya nggak ada yang bisa jawa apa penyebab pastinya dan dari kapan adanya. Terus saya bertanya apakah bisa jadi karena makanan?" ceritanya, saat dihubungi Kamis (30/6/2022).

"Terus dokternya jawab, bisa jadi, kemungkinan karena makanan," sambung dia.

Apakah Kista Bisa Pengaruhi Kesuburan?

Ada beberapa jenis kista yang bisa berpengaruh pada kesuburan wanita. Beberapa jenis kista ovarium seperti endomentrioma, kista yang disebabkan oleh endometriosis. Ini adalah kondisi ketika jaringan yang melapisi rahim tumbuh di luar rahim.

Selantunya, kista ovarium akibat sindrom ovarium polikistik atau PCOS, sindrom ini ditandai dengan banyaknya kista kecil yang muncul pada ovarium. Selain itu, tanda lain dari sindrom ovarium polikistik yakni periode menstruasi yang tidak teratur.

Di luar jenis tersebut, kista diyakini kecil kemungkinan mengganggu kesuburan.



Simak Video "Konten Negatif Kok Cenderung Mudah Viral?"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT