ADVERTISEMENT

Jumat, 01 Jul 2022 12:13 WIB

Apa Itu Infeksi Paru? Diidap Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo Sebelum Wafat

Vidya Pinandhita - detikHealth
Jakarta -

Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo meninggal dunia. Mengingat sebelumnya, Tjahjo Kumolo sempat disebut mengalami infeksi paru.

Kabar meninggalnya Tjahjo Kumolo telah dikonfirmasi oleh Wakil Ketua Komisi II DPR Junimart Girsang.

"Iya (meninggal dunia)," kata Junimart saat dihubungi, Jumat (1/7/2022).

Sempat Idap Infeksi Paru

Beberapa waktu lalu menjelang akhir Juni 2022, putri dari Tjahjo Kumolo, Rahajeng Widyaswari sempat mengabarkan ayahnya mengidap infeksi paru.

Dalam kesempatan tersebut, Rahajeng belum memberikan informasi lebih lanjut terkait jenis infeksi paru yang diidap Tjahjo Kumolo. Namun, Rahajeng sempat menyebut ayahnya dalam kondisi yang berangsur stabil.

"Ada infeksi yang menyebar sampai ke paru-parunya," ujar Rahajeng, Minggu (16/6/2022).

Dikutip dari Medical News Today, infeksi paru-paru terjadi ketika mikroba berbahaya seperti bakteri atau virus, masuk ke paru-paru dan menyebabkan kerusakan. Keparahan infeksi paru-paru berkisar dari tingkat ringan hingga mengancam jiwa.

Meskipun sebagian besar kasus infeksi paru-paru dapat disembuhkan, infeksi ini juga diyakini amat berbahaya. Terlebih, jika kondisi ini terjadi pada bayi, orang dewasa usia lanjut, atau orang dengan penyakit paru-paru atau sistem kekebalan yang lemah.

Infeksi paru yang menyerang umumnya bronkitis, pneumonia, dan bronkiolitis. Ketiga jenis tersebut disebabkan oleh virus dan bakteri yang menyerang paru-paru. Identifikasi jenis infeksi penting untuk menentukan pengobatan.

Meski pengenalan akan gejala dapat membantu identifikasi, seseorang memerlukan diagnosis dari dokter terkait infeksi paru-paru. Pasalnya, penyakit mengancam jiwa seperti kanker paru-paru dapat menyerupai gejala infeksi paru-paru tertentu.

(vyp/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT