ADVERTISEMENT

Jumat, 01 Jul 2022 13:01 WIB

Tjahjo Kumolo Meninggal, Disebut Idap Komplikasi Diabetes dan Paru-paru

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Jakarta -

Tjahjo Kumolo, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi (Menpan RB) meninggal dunia. Menpan RB Tjahjo Kumolo disebut mengalami komplikasi yang memperburuk kondisinya.

"Awalnya kecapekan, letih, pekerjaan yang berat. Kemudian setelah jatuh sakit komplikasi, ada paru-paru, diabetes, asam urat. Orang sakit kan komplikasinya berarti multi organ ya," papar politikus PDI Perjuangan Hendrawan Supratikno saat dikonfirmasi CNNIndonesia, Jumat (1/7/2022).

Tjahjo sempat dirawat di RS Abdi Waluyo selama dua minggu akibat infeksi yang menyebar di paru-parunya. Keluarga mengatakan kondisinya sempat membaik.

Beberapa waktu lalu, putri Tjahjo Kumolo, Rahajeng Widyaswari menyebut sang ayah mengalami infeksi paru. Kabar tersebut disampaikan Minggu (26/6/2022).

"Ada infeksi yang menyebar sampai ke paru-parunya," beber Widyaswari.

Infeksi paru yang sering menyerang umumnya bronkitis, pneumonia, dan bronkiolitis. Meskipun sebagian besar kasus infeksi paru-paru dapat disembuhkan, infeksi ini juga diyakini amat berbahaya. Terlebih, jika kondisi ini terjadi pada bayi, orang dewasa usia lanjut, atau orang dengan penyakit paru-paru atau sistem kekebalan yang lemah.

(kna/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT