ADVERTISEMENT

Minggu, 03 Jul 2022 10:31 WIB

Skrotum Pria Ini Bisa 'Bersiul', Diyakini Kasus Pertama di Dunia

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
tren celupkan testis ke dalam kecap asin dan jus jeruk Ilustrasi whistling scrotum (Foto: Istock)
Jakarta -

Seorang pria di Ohio mengalami kondisi super langka yang disebut 'pneumoscrotum' alias whistling scrotum. Kantong zakar atau skrotumnya bisa mengeluarkan bunyi mendesis seperti sedang bersiul.

Kasus yang dialami pria 72 tahun ini diyakini merupakan kasus pertama dan dipublikasikan di American Journal of Case Reports.

Awalnya, pria tersebut datang ke unit gawat darurat dengan kondisi sesak napas dan wajah membengkak. Pemeriksaan X-ray menunjukkan adanya udara berlebih di rongga tubuhnya, yang menyebabkan paru-parunya kolaps dan bisa memicu kerusakan permanen jika tidak ditangani.

Berikutnya, para dokter menelusur sumber suara desis yang dikeluhkan pasien. Didapati, 'siulan' tersebut berasal dari lubang yang tertinggal di sisi kiri skrotum bekas operasi 5 pekan sebelumnya. Sebagian udara berlebih terjebak di bagian ini dan memicu suara mendesis.

Pasien lalu dibawa ke rumah sakit lain untuk perawatan lebih lanjut. Beruntung, paru-parunya membaik dan pulih setelah 3 hari dirawat di rumah sakit. Pasien akhirnya bisa pulang dalam kondisi yang sudah membaik.



Simak Video "Sebastien Haller Idap Tumor Testis, Kenali Gejala-Faktor Risikonya"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT