ADVERTISEMENT

Senin, 04 Jul 2022 06:30 WIB

Kabar Baik! Menkes Bilang COVID-19 RI Terkontrol, Masih di Bawah Singapura

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Menkes Budi Gunadi Sadikin Menkes Budi Gunadi Sadikin (Foto: Sarah Oktaviani Alam/detikHealth)
Jakarta -

Sempat konsisten di atas angka 2 ribu, kasus harian COVID-19 di Indonesia kembali melandai. Meski masih akan menghadapi kemungkinan puncak gelombang BA.4 dan BA.5, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyampaikan kabar yang melegakan.

"Ada kenaikan tapi nggak usah panik, kita tetap waspada, saya seneng temen-temen masih tetep pakai masker meski dalam ruangan," katanya, ditemui di Hotel Westin, Jakarta Selatan, Minggu (3/7/2022).

Dengan kasus harian masih di bawah 7.800 per hari, Indonesia menurut Menkes masih berada di level 1 penularan COVID-19 menurut klasifikasi organisasi kesehatan dunia WHO. Kondisi ini dinilainya masih lebih baik dibanding beberapa negara lain yang juga tengah menghadapi kenaikan kasus.

"Kalau saya ditanya sebagai menteri kesehatan, kondisinya masih terkontrol. Kita masih di bawah Singapura yang 5 ribu dengan penduduk yang cuma 5 juta," katanya.

Berkaca dari pengalaman negara-negara lain, kemungkinan lonjakan akibat subvarian BA.4 dan BA.5 akan mencapai puncak dalam waktu dekat. Namun sebagaimana diperkirakan para pakar, Menkes meyakini puncaknya akan jauh lebih rendah dibanding gelombang sebelumnya.

"Minggu kedua Juli atau ketiga Juli. Seberapa parah di indonesia? Saya bilang adalah, ya itu tadi, puncaknya kira-kira akan tercapai di 18-19 ribu kasus," katanya.



Simak Video "WHO: 110 Negara Alami Lonjakan Covid-19 Akibat BA.4 dan BA.5"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT