Benarkah Janin Umur 6 Pekan Mirip Kecebong? Ini Ciri Kehamilan Sehat

ADVERTISEMENT

Benarkah Janin Umur 6 Pekan Mirip Kecebong? Ini Ciri Kehamilan Sehat

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Senin, 04 Jul 2022 05:30 WIB
One woman, beautiful pregnant woman sitting at home, holding ultrasound pictures.
Ilustrasi hamil (Foto: Getty Images/South_agency)
Jakarta -

Perkembangan janin di masa kehamilan selalu menarik untuk diamati. Selain untuk memastikan kondisi calon buah hati baik-baik saja, juga untuk mengenal tahapan perkembangan embrio di dalam rahim.

Salah satu fase yang selalu menggembirakan adalah ketika janin mulai aktif bergerak, yang oleh calon ibu terasa seperti menendang-nendang dan bisa berinteraksi. Nah, fase ini terjadi pada usia kehamilan sekitar 16-25 pekan.

Bagaimana kondisi janin saat masih berusia 6 pekan?

Dikutip dari Flohealth, embrio yang masih berusia 6 pekan disebut memiliki ukuran sebesar kacang polong. Calon buah hati masih meringkuk dengan ekor kecil, yang kelak akan membentuk sumsum tulang belakang.

Ventrikel optik juga mulai terbentuk di usia ini, dan kelak akan menjadi mata. Demikian juga jantung mulai terbagi menjadi 4 ruangan dan mulai berdetak. Tunas-tunas lengan dan kaki mulai muncul.

Meski disebut mirip kecebong, janin di usia ini sudah memiliki lipatan-lipatan di kepala. Rahang, dagu, dan pipi sudah mulai terbentuk. Bentuk yang lebih jelas masih butuh waktu lebih lama, tetapi fitur wajah mulai ditentukan pada fase ini.

Lalu, apa saja ciri-ciri janin sehat usia 6 pekan?

KLIK DI SINI UNTUK KE HALAMAN BERIKUTNYA



Simak Video "Plasma Konvalesen Dapat Cegah Gawat Janin Pada Bumil Terpapar Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT