ADVERTISEMENT

Senin, 04 Jul 2022 18:00 WIB

Ternyata Segini Loh Batas Normal Asam Urat Laki-laki

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Tanda asam urat Batas normal asam urat laki-laki (Foto: Getty Images/iStockphoto/Boyloso)
Jakarta -

Asam urat atau gout merupakan senyawa yang diproduksi oleh tubuh. Kadar asam urat normal pada setiap orang biasanya berbeda-beda. Hal ini dipengaruhi oleh usia, jenis kelamin, pola makan, hingga kondisi fisik. Oleh karenanya, batas normal asam urat laki-laki dan wanita itu berbeda ya.

Terkadang, asam urat di dalam tubuh juga bisa berlebihan dan menumpuk di persendian atau jaringan yang bisa menyebabkan gangguan kesehatan, seperti radang sendi. Adapun gejala asam urat yang ditimbulkan dapat berupa nyeri di bagian jempol kaki, pergelangan kaki, lutut, siku, hingga tangan. Begitu juga dengan tulang belakang pun bisa terkena asam urat meskipun kasus ini jarang sekali ditemukan.

Asam urat tinggi dapat dipicu oleh purin, yaitu zat kimia yang secara alami ditemukan di dalam tubuh, serta beberapa makanan tertentu, obat-obatan, alkohol, hingga makanan-minuman manis. Untuk itu, penting untuk menjaga pola makan dan menghindari pemicunya agar kadar asam urat di dalam tubuh tak 'nanjak'. Simak informasi berikut terkait batas normal asam urat laki-laki.

Batas Normal Asam Urat Laki-Laki Berapa Sih?

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, kadar asam urat normal pada setiap orang biasanya berbeda, baik itu wanita maupun laki-laki. Batas normal asam urat laki-laki biasanya dapat diketahui dengan cara melakukan pemeriksaan darah.

Dikutip dari Medical News Today, batas normal asam urat laki-laki berada pada kisaran 2,5 sampai 7 milligram/desiliter (mg/dl). Sedangkan kadar asam urat rendah pada laki-laki adalah di bawah 2,5 mg/dl dan kadar tingginya sekitar di atas 7 mg/dl.

Berbeda dengan wanita yang kadar asam urat normalnya berada pada kisaran 1,5 hingga 6,0 mg/dl. Sedangkan kadar asam urat rendah pada wanita adalah di bawah 1,5 mg/dl, dan kadar tingginya sekitar di atas 6,0 mg/dl.

Perlu diingat nih, memiliki asam urat dalam darah adalah kondisi yang normal ya. Namun, jika asam urat terlalu tinggi atau terlalu rendah dari kadar normal, hal ini bisa menyebabkan masalah kesehatan.



Simak Video "Dokter: Gejala Penyakit Pasca-Lebaran Biasanya Tidak Spesifik"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT