ADVERTISEMENT

Selasa, 05 Jul 2022 06:02 WIB

Menkes Sebut COVID-19 RI Sudah Landai Lagi, Puncak BA.4-BA.5 Terlewati?

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Menkes Budi Gunadi Sadikin Menkes Budi Gunadi Sadikin (Foto: Sarah Oktaviani Alam/detikHealth)
Jakarta -

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin meyakini Omicron baru BA.4 dan BA.5 di Indonesia sudah melewati fase puncak. Pasalnya, berkaca pada negara lain, puncak kasus kedua varian tersebut terjadi pasca 30 hari mencatat subvarian baru atau kenaikan kasus.

Terlebih, Menkes menyebut 80 persen dari total kasus COVID-19 di Indonesia sudah didominasi subvarian Omicron BA.4 dan BA.5. Efeknya, menurut Menkes, kasus Corona sudah mulai terlihat melandai.

Kok Lebih Rendah dari Negara Lain?

"Kita kenaikannya yang cuma 4 sampai 5 persen dibandingkan dengan puncak sebelumnya, negara-negara lain itu puncak dicapai 30 persenan dari puncak sebelumya, salah satu hal yang menjelaskan adalah memang sero survei terakhir menunjukkan antibodi kita masih tinggi," beber Menkes dalam konferensi pers Senin (4/7/2022).

Untuk memastikan seberapa 'kuat' antibodi yang dimiliki populasi Indonesia, Menkes bakal melanjutkan studi sero survei yang dilakukan seperti Desember dan Maret lalu. Diharapkan, dalam keluar hasil studi sudah keluar sehingga bisa memastikan strategi apa yang bakal dilakukan untuk kebijakan protokol kesehatan dan vaksinasi ke depan.

"Jadi kalau Desember kita sero survei antibodinya sekitar 400 sampai 500-an itu sudah dimiliki oleh 88 persen populasi, itu Maret kemarin kita sero survei 99 persen yang memiliki antibodi sudah di level 3.000, 4.000-an, jauh lebih tinggi," sambung dia.



Simak Video "WHO: 110 Negara Alami Lonjakan Covid-19 Akibat BA.4 dan BA.5"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT